Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

E-Commerce Kecantikan Ini Sasar Milenial, Bidik Pertumbuhan Bisnis 40%

E-Commerce Kecantikan Ini Sasar Milenial, Bidik Pertumbuhan Bisnis 40% woman wearing blue robe lying with cucumber on eye. | Kredit Foto: Unsplash/Adrian
Warta Ekonomi, Jakarta -

Erha Clinic meluncurkan e-commerce yang khusus menjual perawatan tubuh dan kecantikan, Erhastore.co.id. Toko daring ini menjajakan produk-produk buatan Erha sehingga konsumen bisa melakukan perawatan wajah sendiri di rumah.

Kepala Bisnis Erhastore, Afril Wibisono menerangkan bahwa toko online tersebut masih terbilang baru. Dia menyebut Erhastore.co.id baru diluncurkan pada Februari 2019.

"Soft launching-nya sih akhir Januari kemarin, tapi ini baru diluncurkan Februari tahun ini," kata Afril melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Warta Ekonomi, Jumat (22/3/2019).

Menurut Afril, salah satu alasan Erha membuat situs e-commerce tersebut untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa Erha bukan klinik saja, tetapi juga menjual produk tanpa resep atau over the counter (OTC) kecantikan yang bisa dibeli pelanggan secara online.

Baca Juga: Erha Clinic Sabet Original Brand Award

"Kami mengubah persepsi itu. Jadi, orang enggak perlu ke klinik. Itu (Erhastore.co.id) bisa diakses siapa pun. Masih banyak daerah yang belum ada klinik Erha, nah harapannya kami menjangkau market ini. Jadi, walaupun kliniknya belum ada, tapi orang bisa akses produk kami," jelas dia.

Afril menambahkan, Erhastore.co.id juga bisa mengubah persepsi tentang perawatan kecantikan di Erha yang mahal. Pasalnya, banyak produk perawatan kecantikan yang bisa didapat dengan harga terjangkau, tanpa resep dokter, dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

"Jadi, ini juga menjangkau daerah yang belum memiliki klinik. Saat ini, kami (memiliki) banyak customer di luar Jawa, misalnya Sulawesi dan NTB," tutur dia.

Afril mengaku, Erhastore.co.id dibuat untuk menyasar para kaum milineal. Terutama para wanita muda yang senang dengan perawatan kecantikan. Menurut Afril, harga produknya tak membuat kantong para wanita kering. Dari 123 produk buatan Erha, harga termurah sebesar Rp25.000. Selain itu, terdapat produk paket yang bisa menghemat biaya perawatan.

"Kalau penanganan (kecantikan) khusus itu memang lebih mahal. Tapi, kalau anti-aging, mencegah kerutan, (harga produk) kami sama saja dengan kompetitor lainnya. Maksudnya, masih bisa kompetitif. Ada harga Rp25.000, dan facial wash Rp60.000," ucap dia.

Afril pun menjamin produk yang dijajakan di Erhastore.co.id adalah produk asli yang diproduksi dari perusahan afiliasinya.

Terkait pengiriman, Erhastore sudah menggandeng jasa pengiriman JNE. Untuk pengiriman cepat, disediakan pula jasa Go-Jek, khusus pelanggan di Jakarta dan sekitarnya. Afril mengaku bakal menjalin kerja sama dengan jasa pengiriman lainnya.

"Kami juga kasih promo ongkir, misalnya belanja minimal Rp300.000, gratis ongkir. Kami juga bisa kirim ke luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Karena banyak pelanggan kami di sana," kata dia. 

Afril menargetkan pertumbuhan bisnis Erhastore.co.id tumbuh hingga 40%. Menurutnya, bisnis e-commerce ini sangat menjanjikan. Misalnya, per Februari, Erhastore sudah diakses oleh 60.000 pengguna. Dari 1.500 pesanan yang sudah dibayarkan, rata-rata nilai transaksi sekitar Rp267.000 per orang.

Baca Juga: Standardisasi Produk Mudahkan UKM Masuk E-Commerce

"Pasarnya masih besar, sekarang (terbilang) belum optimal, belum sampai 5% digital marketing, belum lagi jika kami masuk marketplace lain, seperti Blibli, Tokopedia, Grab, Happy Fresh, Lazada, JD.id, dan Zalora. Jadi, sudah pasti grow, ekspektasi 40% di semester I," terangnya.

Kendati demikian, brand & public relations senior manager dari induk usaha Erhastore.co.id, Amriel Aditya mengklaim bisnis Erha Clinic masih berjalan dan berkembang. Dia menambahkan bahwa bisnis keduanya tak saling menganggu.

"Dengan  beroperasinya Erhastore, sejauh ini tidak akan mengganggu perluasan dan pengembangan  bisnis dari  Erha Clinic. Saat ini kami sudah punya sekitar hampir 100 klinik di seluruh Indonesia. Terakhir kami buka cabang baru di Kendari dan Banda Aceh," tutup dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: