Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kredit Tumbuh Pesat, Laba Citibank Indonesia Capai Rp2 Triliun di 2018

Kredit Tumbuh Pesat, Laba Citibank Indonesia Capai Rp2 Triliun di 2018 Citibank | Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Citibank Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp2 triliun sepanjang 2018. Laba ini didorong oleh penyaluran kredit yang tumbuh dobel digit.

CEO Citibank Indonesia, Batara Sianturi mengatakan, pihaknya menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 8% pada 2018. Namun, realisasinya kredit Citibank tumbuh tiga kali lipat dari target tersebut.

"Bahwa target pertumbuhan kredit Citibank di 2018 cuma 8% menjadi 26%, demikian juga DPK target cuma 8%, hasilnya 10% di 2018," kata Batara dalam paparan kinerja Citibank Indonesia di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Dia menyebutkan, portofolio kredit di akhir kuartal keempat meningkat 26% year on year (yoy) menjadi Rp49,9 triliun. "Kontribusi utama pertumbuhan portofolio kredit berasal dari lini bisnis institutional banking, terutama pada sektor industri manufaktur, pertambangan dan perantara keuangan (financial intermediary)," ucapnya.

Kinerja yang positif ini ditunjang oleh kualitas dana pihak ketiga (DPK) berkelanjutan yang tumbuh sebesar 10% yang memungkinkan Citibank mencatatkan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid sebesar 80,9%.

Baca Juga: Citibank Indonesia Akan Fokus Tiga Strategi dalam Segmen Korporat

Meskipun mencatatkan pertumbuhan aset yang signifikan, tingkat kecukupan permodalan serta kualitas aset Citibank tetap kuat dengan rasio kewajiban penyediaan modal minimum (KPMM) sebesar 23,53% dan rasio non performing loan bruto dan neto masing-masing sebesar 2,27% dan 0,52%.

Di lini institutional banking, Citibank senantiasa memberikan konten serta solusi end-to-end dalam merespons perubahan kebutuhan klien dengan memanfaatkan seluruh kapabilitas yang relevan dari Citibank. Corporate and Investment Banking Group menyediakan produk-produk dan layanan yang memberikan solusi nilai tambah untuk para klien institusional, memanfaatkan jaringan berskala global, serta fokus pada institusi-institusi unggul di berbagai sektor.

Di lini consumer banking, Citibank telah meluncurkan kampanye "Live Large", yang memberikan ekstra data 20 GB untuk menikmati gaya hidup urban digital para pemegang kartu kredit Citi Telkomsel serta beragam keuntungan spesial lainnya. Kampanye lain yang telah diluncurkan adalah "Bring More Home", yang memberikan tambahan 20 kg alokasi bagasi di atas ketentuan bagasi saat ini untuk kelas ekonomi dan bisnis bagi para pemegang kartu kredit Garuda Indonesia Citi.

Di digital banking, Citibank telah melakukan perubahan dalam tampilan aplikasi Citi Mobile khusus untuk pemegang kartu kredit agar nasabah dapat merasakan pengalaman digital yang lebih seamless dan menyenangkan, dan hal ini menjadi salah satu faktor yang meningkatkan jumlah pengguna aktif mobile sebesar dua kali lipat selama 2018.

"Kami bersyukur dengan kinerja Citibank pada 2018, walaupun volatilitas pasar terjadi tahun lalu. Kami juga ingin menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada para nasabah, mitra bisnis, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya atas kepercayaan mereka terhadap kami, dan kami selalu berkomitmen menjadi yang terbaik untuk para klien kami," simpul Batara.

Baca Juga: Citibank Indonesia Klaim 50% Jabatan Dipegang Perempuan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: