Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Search Engine Optimization?

Apa Itu Search Engine Optimization? Kredit Foto: Just Do Digital
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam bidang pemasaran dan pembuatan konten, terdapat istilah Search Engine Optimization (SEO) yang familiar. Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.

Melihat peningkatan tersebut, ada baiknya mengenal lebih dalam mengenai SEO. Yuk simak penjelasan berikut:

Melansir dari Moz (5/4/2019), SEO merupakan praktik meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas ke situs web Anda melalui hasil mesin pencari organik.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menampati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Baca Juga: Apa Itu Search Engine Marketing?

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Kebanyakan orang berpikir mesin pencari adalah kolom yang mereka tulis di Google atau Yahoo, dll. Pemikiran itu tidaklah salah. Namun, di balik kolom tersebut masih ada mesin yang bekerja untuk memberikan informasi sesuai dengan kata kunci yang kalain masukkan.

Pada dasarnya, mesin pencari apapun yang kamu gunakan (Google, Yahoo!, atau Bing, dll) memiliki perayap  yang keluar dan mengumpulkan informasi tentang semua konten yang dapat mereka temukan di Internet. Perayap membawa semua angka 1 dan 0 kembali ke mesin pencari untuk membuat indeks. Indeks itu kemudian dimasukkan melalui algoritma yang mencoba untuk mencocokkan semua data dengan kueri yang kamu masukkan.

Praktik SEO sendiri dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu on-site dan off-site. Memaksimalkan SEO secara on-site berarti mengoptimalkan kualitas produksi konten dan infrastruktur situs. Sedangkan SEO off-site, mencari cara meningkatkan visibilitas suatu laman web secara eksternal atau di luar situs yang bersangkutan. Salah satu contohnya adalah mendapatkan tautan dari situs-situs berperingkat tinggi menuju situs kamu, sehingga meningkatkan peringkat situs kamu di PageRank.

Baca Juga: Google Bocorkan Cara Kerja Mesin Pencari di SEO Conference 2019

Kenapa SEO Itu Penting?

Semakin ke sini perkembangan digital semakin mutakhir. Sejak adanya mesin pencari seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine.

Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%. Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%.

Baca Juga: Yuk Coba 5 Trik SEO Ini untuk Bisnis Online Anda!

Data ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website, apalagi jika kamu memiliki bisnis online. Dengan memanfaatkan SEO, kamu bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per harinya.

Pada dasarnya, SEO merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era digital.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: