Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Era Digital, Ponsel Bisa Bantu Bisnis Makanan Anda Melejit, Begini Caranya

Di Era Digital, Ponsel Bisa Bantu Bisnis Makanan Anda Melejit, Begini Caranya Kredit Foto: Unsplash/Eaters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penelitian menunjukkan konsumen memeriksa handphone (perangkat seluler) mereka rata-rata 80 kali sehari, sehingga tidak mengherankan jika mereka beralih ke perangkat mereka ketika mereka juga lapar. Hal itu memberikan peluang bagi Anda yang memiliki bisnis makanan atau restoran untuk juga menawarkannya melalui ponsel.

Menurut penelitian yang dilansir dari Entrepreneur (11/4/2019), 85 persen interaksi merek/konsumen terjadi di situs dan aplikasi yang tidak dimiliki oleh merek, seperti Google, Apple, Facebook, TripAdvisor, dan Yelp. Ini berarti Anda harus berada di depan konsumen ketika mereka mencari situs-situs ini untuk mempengaruhi penjualan.

Baca Juga: Bisnis Makanan Berikan Peluang Raup Banyak Uang, Ini Alasannya

Tetapi bagaimana Anda melakukannya? Berikut adalah tiga cara untuk meningkatkan kehadiran ponsel Anda dan memenangkan pelanggan:  

Jadikan Pengelolaan Data Lokasi sebagai Prioritas

Ada tiga aktivitas online yang berhubungan langsung dengan penjualan dan kinerja merek:

- Peringkat Google My Business

- Klik untuk petunjuk

- Klik ke situs web merek

Namun, ketiga kegiatan ini lebih banyak ruginya daripada kebaikan tanpa pengelolaan data lokasi yang akurat. Oleh karena itu, Anda harus meletakkan alamat, jam operasi, dan nomor telepon lengkap dalam pratinjau data lokasi tempat makan Anda di web.

Fokus pada Visibilitas

Untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mendominasi hasil pencarian, Anda harus melampaui dasar-dasar untuk setiap lokasi dengan menambahkan menu, foto geotag yang menarik, deskripsi bisnis yang menarik, dan pencari lokasi toko di situs web utama Anda dengan halaman pendaratan lokasi di beberapa situs.

Baca Juga: Obral Diskon Startup Reservasi Restoran Dinilai Bukan Strategi Jitu

Saat membangun visibilitas online, pastikan untuk mencakup semua jaringan penting, termasuk Apple Maps, Facebook, TripAdvisor dan Yelp. Masing-masing halaman harus konsisten di seluruh jaringan maupun dengan yang ada di situs web Anda dan pencari lokasi situs Anda.

Kelola Reputasi Online Anda

Sebuah survei 2018 menunjukkan bahwa 91 persen orang secara teratur atau sesekali membaca ulasan online untuk bisnis lokal dan 84 persen mempercayai ulasan sebanyak rekomendasi pribadi. Ini berarti bahwa peringkat, ulasan, dan rekomendasi dapat meningkatkan kemungkinan Anda memenangkan pelanggan.

Baca Juga: 10 Restoran Terbaik di Indonesia Versi TripAdvisor, Semuanya dari Bali

Mengelola ulasan secara aktif dengan menanggapi baik dan buruk dapat membantu mengubah peringkat buruk menjadi ulasan yang baik, membuat Anda berbeda dari kompetisi dan meningkatkan visibilitas lokasi dengan ulasan yang lebih baik dan lebih banyak bintang. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: