Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi yang Pertama dan Inovatif Berikan Nilai Tambah pada Brand

Jadi yang Pertama dan Inovatif Berikan Nilai Tambah pada Brand Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk atau jasa menjadi kunci penting bagi sebuah brand agar dapat bertahan serta tumbuh dan berkembang. Dengan inovasi dan yang pertama brand akan memenangkan persaingan di era kompetisi bisnis yang sangat ketat ini.

Berangkat dari fenomena itu, Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id menghadirkan penghargaan “Pertama di Indonesia dan TOP Innovation Choice Award 2019”. Suatu bentuk apresiasi bagi sejumlah brand yang terbukti berhasil menghadirkan inovasi untuk menjadi yang terdepan serta Pertama di Indonesia, sehingga memiliki nilai tambah terhadap konsumen mereka.

Tri Raharjo selaku Chairman Tras N Co Indonesia & Indonesia Brand Network mengatakan, di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat dengan beragamnya tawaran produk dan jasa inovatif kepada konsumen. Penghargaan Pertama di Indonesia bisa menjadi value bagi perusahaan dimata konsumenya.

Baca Juga: Lima Hambatan yang Sering Terjadi dalam Berinovasi

“Kami berharap brand-brand di Indonesia semakin terpicu untuk selalu menciptakan terobosan-terobosan baru dan mengejar prestasi sebagai perusahaan paling inovatif di kategori produknya,” ujar Tri Raharjo, dalam jumpa pers di Ball Room Park Regis Arion Hotel Kemang, Jakarta Selatan, Selasa  (21/5/2019).

Untuk Penghargaan TOP Innovation Choice Award 2019, Tri menambahkan, pihaknya telah mengumpulkan data-data brand-brand inovatif yang terbukti berhasil menciptakan sebuah inovasi yang memberikan manfaat terhadap konsumennya. Prestasi ini merupakan langkah awal agar inovasi dalam perusahaan terus berkelanjutan.

Adapun metodologi Penilaian Penghargaan Pertama di Indonesia diberikan berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan tiga pendekatan. Pertama, The First Aspect, perusahaan yang meraih Pertama di Indonesia memenuhi unsur Pertama di Indonesia di kategori produk atau pun jasa, baik inovasi atau pun pionir di kategorinya. Kedua, Evidence Aspect, perusahaan peraih Pertama di Indonesia memiliki alat bukti atau dapat dibuktikan melalui pemberitaan media sebagai Pertama di Indonesia untuk di kategori produk dan jasanya. Ketiga, Validation Aspect, perusahaan peraih Pertama di Indonesia wajib menandatangani surat validation data atau disclaimer sebagai Pertama di Indonesia dan atau dibuktikan dengan online validation survei melalui mesin pencari dan media massa.

Sementara untuk menentukan peraih TOP Innovation Choice Award 2019, TRAS N CO Indonesia bersama Infobrand.id melakukan survei terhadap lebih dari 200 inovasi produk atau layanan yang diciptakan perusahaan atau brand di sepanjang kurun waktu 2 tahun terakhir. Survei menggunakan metode Qualitative Survey dengan mengacu kepada data sekunder melalui media monitoring, sosial media monitoring dan product profile baik berupa video, berita (artikel) dan foto.

Penilaian TOP Innovation Choice Award 2019 dilakukan berdasarkan skala likert dengan 3 aspek penilaian. Pertama, Innovation Idea Aspect, inovasi yang dinilai memiliki ide atau gagasan yang menarik yang melatarbelakangi perusahaan dalam menciptakan sebuah inovasi. Kedua, Innovation Advantage Aspect, inovasi yang dinilai mampu memberikan nilai tambah terhadap produk/jasa. Ketiga, Innovation Differentiation Aspect, inovasi yang dinilai memiliki sifat kebaharuan serta dapat menjadi ciri khas dari produk/layanan dari brand yang menciptakan inovasi.

Menurut Tri, untuk mengeluarkan inovasi yang pertama dalam sebuah brand adalah hal yang cukup mudah. Apa lagi untuk inovasi-inovasi yang unik, seperti Orchi Chicken untuk kategori ayam geprek hitam, Sharp kategori LED TV memiliki fitur azan, Vitabumin untuk kategori Madu Ikan Gabus, dan GreatDay untuk kategori aplikasi mobile HR dengan fitur benefit: pinjaman, asuransi dan investasi karyawan. Selama riset setidaknya ada 150 brand dengan inovasi yang pertama, namun setelah menjalani penilaian, dipilih 20 brand yang bersedia melakukan disclaimer sebagai yang pertama.

“Sebagai yang pertama akan membuat sebuah brand mudah diterima oleh pasar, tapi untuk menjadi pemenang tentu harus dibarengi dengan ekspansi dan inovasi lainnya,” ujar Tri.

Untuk peraih penghargaan TOP Innovation Choice Award 2019 sendiri, dari 200 brand dinilai akhirnya terpilih 50 brand. Beberapa nama seperti Lenovo Indonesia dengan Inovasi Lenovo Yoga 730, Laptop Full HD Layar Sentuh Dengan Dukungan Lenovo Active Pen 2 Serta Fitur Keamanan Berlapis. Bigland Springbed dengan inovasi divan DS (Drawer Secret), Planet Ban dengan inovasi service motor "Rasa Mesin Baru”. Dan Apotek K24 dengan inovasi anjungan pelayanan mandiri melalui mesin APM.

“Meskipun tidak menjadi yang pertama, inovasi tetap akan memberikan value, dapat pengakuan di mata publik. Seleksi dari lembaga independen akan memberikan nilai tambah ketika brand image ditempelkan dalam produknya,” jelas Tri.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: