Selama Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun 2019 ini, Telkomsel area Jabotabek Jabar memperkirakan akan terjadi lonjankan data atau payload yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yakni sekitar 54% dan traffik telpon yang mencapai 133 juta menit.
Untuk itu, menjelang momen Idul Fitri 1440 H, Telkomsel Area Jabotabek Jabar terus melakukan upaya peningkatan kualitas layanan dan jaringan demi kelancaran serta kenyamanan telekomunikasi.
Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan sebanyak 4.624 BTS Telkomsel telah mengcover disepanjang jalur mudik dan titik-titik keramaian atau Point of Interest yang ada di Jabotabek Jabar. Berbagai upaya yang dilakukan Telkomsel untuk memberikan kualitas jaringan yang prima seperti optimalisasi jaringan, penambahan kapasitas jaringan hingga menghadirkan 30 Mobile BTS (COMBAT).
“Melalui layanan komunikasi terbaik, Telkomsel selalu hadir memberikan kelancaran dan kemudahan dalam bersilaturahmi. Apalagi dimomen penuh berkah seperti Ramadan dan Idul Fitri ini, layanan dengan jaringan terbaik menjadi prioritas kami," katanya kepada wartawan di Kota Bandung, Selasa malam (28/5/2019)
Baca Juga: HUT ke-24, Telkomsel Tingkatkan Ekosistem Digital
Ririn menjelaskan optimalisasi jaringan total di jalur utama mudik dan titik keramaian upaya mengantisipasi lonjakan payload dan traffic yang penuh, Telkomsel Area Jabotabek Jabar telah mengoptimalisasi 1373 BTS dan juga memasang 12 COMBAT tambahan.
Pengamanan jaringan ini dilakukan disepanjang jalur mudik dan titik keramaian seperti TOL, rest area, pelabuhan, terminal, mall, rumah ibadah dan tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi.
Jaringan 4G LTE Telkomsel yang didukung dengan teknologi TDD (Time Division Duplex) 2,3 GHz hadir dengan prima di titik-titik tersebut guna memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengakses internet, sehingga selama perjalanan mudik atau saat bersantai pelanggan dapat mengakses beragam konten di internet seperti video, music atau bermain game online dengan lancar.
Dengan adanya optimalisasi jaringan ini, kata Ririn, pelanggan yang mudik via jalur utara seperti jalur TOL Trans Jawa atau via jalur selatan dipastikan layanan komunikasi Telkomsel akan lancar. Tidak hanya di TOL, layanan Telkomsel di pelabuhan Merak serta bandara-bandara di Jabotabek Jabar juga maksimal. Untuk itu, pelanggan yang mudik akan selalu berkomunikasi lancar dengan sanak keluarga.
Baca Juga: Genjot Pengguna 4G, Telkomsel Kerja Sama dengan Samsung dan HCI
Adapun, dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI.
Telkomsel juga menggelar posko layanan di 87 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Tol dan Rest Area, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal. Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, seperti 87 GraPARI Telkomsel Siaga, 13 mini GraPARI, unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan juga 491 outlet siaga.
“Dengan didukung oleh BTS berteknologi terdepan yang kami miliki, kami yakin jaringan handal Telkomsel akan menemani pemudik kembali ke kampung halamannya dalam berkomunikasi untuk menyambung tali silaturahmi dengan keluarga tercinta," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: