Lyft mengajukan gugatan terhadap San Francisco hari ini dengan mengklaim pemerintah kota melanggar kontrak yang dimilikinya dengan perusahaan naik wahana yang memberi Lyft hak eksklusif untuk mengoperasikan program berbagi sepeda di daerah tersebut.
Sebaliknya, Dinas Perhubungan Kota San Francisco mengatakan pihaknya memiliki wewenang untuk menandatangani kemitraan dengan vendor dockless (juga disebut stationless), dan bahwa kontrak Lyft memberikannya eksklusifitas hanya pada saham sepeda yang di-dock.
Lyft sedang mencari perintah penahanan sementara untuk mencegah kota mengeluarkan izin bikeshare kepada vendor baru.
Sampai hari ini, Lyft memiliki perusahaan Motivate, yang mengoperasikan program bikeshare Ford GoBike di San Francisco, program merapat yang hingga saat ini menawarkan sepeda listrik dan non-listrik, di antara banyak lainnya di seluruh negeri. (Lyft menarik e-sepeda dari jalan-jalan kota pada bulan April setelah laporan kerusakan yang berbahaya.)
Baca Juga: Usai IPO, Persaingan Uber dan Lyft Berlanjut
Tidak ada perusahaan lain selain Jump milik Uber yang mengoperasikan bikeshare di kota, tetapi Uber's adalah opsi tanpa dermaga. Lyft mengatakan Uber diberikan pengecualian berdasarkan kontraknya karena Motivate tidak dapat menggunakan opsi dockless-nya sendiri pada awal 2018.
Lisensi Uber adalah selama 18 bulan dan 550 sepeda di seluruh kota, dan akan berakhir bulan depan pada 9 Juli.
Dengan berakhirnya lisensi Uber, Lyft sekarang mengklaim kota San Francisco sedang mencoba untuk memperluas penyedia bikeshare yang melanggar perjanjian eksklusifitas 2015 Komisi Transportasi Metropolitan Bay Area ditandatangani dengan Motivate, yang diperoleh Lyft tahun lalu sekitar $250 juta.
Secara efektif, Lyft mengatakan San Francisco, yang menyetujui persyaratan kontrak sebagai bagian dari MTC, melanggar aturan dengan meminta penyedia baru tanpa dermaga.
Sebagai bagian dari kontrak, Lyft mengatakan Motivate setuju untuk menginvestasikan puluhan juta dolar dalam membangun infrastruktur yang diperlukan untuk menciptakan bikeshare-nya dan mengembangkannya dari waktu ke waktu dengan imbalan eksklusivitas.
"Kami ingin terus berinvestasi dalam sistem bikeshare regional dengan MTC dan San Francisco. Kami membutuhkan San Francisco untuk menghormati komitmen kontraktualnya terhadap program regional ini - tidak mengubah aturan di tengah pertandingan," kata juru bicara Lyft kepada The Verge.
"Kami ingin segera menyelesaikan ini, sehingga kami dapat memenuhi rencana kami untuk membawa sepeda ke setiap lingkungan di San Francisco."
Perselisihan tidak muncul tiba-tiba. Lyft telah berselisih dengan San Francisco mengenai kontrak ini selama berbulan-bulan.
Baca Juga: IPO Uber-Lyft Loyo, Gimana Prospek Buat Grab dan Go-Jek, Bro?
Menurut San Francisco Chronicle yang diterbitkan akhir bulan lalu, Presiden Lyft John Zimmer menulis MTA kota itu menuntutnya berhenti "mem-posting, meminta atau menerima aplikasi izin baru dari operator lain (sepeda); atau mengeluarkan izin baru untuk operator lain" hingga dugaan pelanggaran kontrak Lyft dapat didiskusikan.
Posisi resmi kota adalah bahwa Lyft salah paham tentang ketentuan kontraknya dengan MTC Bay Area regional, dan San Francisco menolak untuk memasuki proses penyelesaian sengketa. Akibatnya, Lyft menggugat.
"Seperti yang akan kami jelaskan ke pengadilan, perjanjian antara Motivate dan City adalah tentang sistem berbagi sepeda yang merapat," John Coté, seorang direktur komunikasi untuk kantor pengacara kota San Francisco Dennis Herrara, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada TechCrunch.
"Itu tidak memberi Lyft hak untuk memonopoli berbagi sepeda di San Francisco. Lyft dapat meminta izin untuk sepeda tanpa dok dengan pijakan yang sama dengan orang lain."
San Francisco ingin memperluas jumlah kendaraan bikeshare dari 2.000 Motivate saat ini menjadi lebih dari 11.000 unit, dan ingin melakukannya dengan bantuan penyedia baru, tanpa dermaga.
Lyft mengatakan Motivate telah berkomitmen untuk memperluas armadanya menjadi 8.500 kendaraan, dan mereka ingin melakukannya dengan kendaraan yang berlabuh dan mulai segera setelah bulan depan bantuan unit listriknya dirancang ulang untuk menghindari masalah.
Inti dari perselisihan adalah apakah kontrak Lyft memang mencakup bikeshares yang merapat dan yang tidak berlabuh. Apapun, perselisihan ini tampaknya ditakdirkan untuk diselesaikan di pengadilan, karena San Francisco tampaknya tidak bersemangat untuk menyelesaikan masalah ini secara pribadi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Yosi Winosa
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: