Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diplomat Succes Challenge 2019 Bidik Pebisnis Muda Kreatif Bandung

Diplomat Succes Challenge 2019 Bidik Pebisnis Muda Kreatif Bandung Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Wismilak Foundation gelar roadshow kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019 / (DSC|X) di Kota Bandung.

Ajang ini meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara online pada 15 Mei lalu yang digelar di Co & Co, sebuah coworking space yang kini berkembang melampaui sekadar tempat bekerja, mewujud menjadi salah satu pusat komunitas kreatif Kota Bandung. 

Roadshow Bandung menghadirkan narasumber di bidang kewirausahaan seperti Mentor Nasional DSC|X 2019 sekaligus Direktur Bisnis SBM ITB, entrepreneur dan musisi, Dina Dellyana dan Gibran Huzaifah, local hero dan Founder & CEO eFishery, serta Gatot Hendraputra dari Coworking Indonesia.

Baca Juga: Ciptakan Wirausaha Baru, Wismilak Gelar Lagi DSC

Roadshow DSC|X yang mengunjungi Kota Kembang ini dilaksanakan di Co & Co, sebuah coworking space yang digagas salah satunya oleh Ongky Andi Saptari. Melalui produk yang dihadirkan, Co & Co ingin menciptakan ruang kerja dan berkreasi, tempat freelancer, pelancong, wirausahawan, profesional, nomaden digital, pencipta, inovator, mahasiswa, dan komunitas kreatif dapat bekerja bersama, bertemu, berbagi pengalaman, dan menyelesaikan sesuatu. Co & Co dirancang agar para penggunanya dapat membangun jejaring sosial serta peluang kolaboratif agar bisa membuat dampak sosial-ekonomi yang positif bagi masyarakat.

Penggagas DSC|X sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak, Edric Chandra mengatakan, sebagai kota yang dikenal sebagai tempat industri kreatif, Bandung menyimpan begitu banyak tokoh wirausahawan muda. Bahkan potensi munculnya pengusaha muda yang berbakat. 

"Bandung adalah gudangnya pebisnis muda kreatif! Peserta DSC|X banyak yang berasal dari kota ini. Di dalam roadshow ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X,” jelas Edric kepada wartawan di Bandung, Rabu (26/6/2019).

Edric menjelaskan bahwa perhelatan DSC|X tahun 2019 ini hadir dengan format baru yang telah disempurnakan dari tahun ke tahun. Format baru tersebut memberikan jangkauan lebih luas kepada calon wirausahawan muda di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi. 

Tidak hanya mendapatkan hibah sebesar Rp2 miliar, DSC|X juga memberikan pendampingan oleh mentor-mentor yang mempunyai pengalaman wirausaha dan sukses di bidangnya masing-masing selama masa inkubasi. 

“Kami berharap roadshow ini menjadi sebuah ajang yang tidak hanya menginspirasi namun juga mitra strategis bagi kaum muda yang terjun ke dunia usaha untuk dapat meraih kesuksesan," ungkapnya.

Adapun, Mentor Nasional DSC|X 2019 sekaligus Direktur Bisnis SBM ITB, entrepreneur dan musisi, Dina Dellyana menyampaikan bahwa ajang DSC|X 2019 memberikan beragam kiat-kiat dan solusi penting dalam menghadapi berbagai tantangan dalam berwirausaha. 

“Para peserta yang mampu keluar sebagai yang terbaik dalam ajang ini akan mendapatkan hibah modal membiayai mewujudkan bisnisnya. Bandung sebagai salah satu kota sumbernya pelaku usaha kreatif menurutnya bakal memunculkan banyak potensi peserta terbaik, khususnya Bandung memiliki karakter wirausahawan yang membawa sumberdaya & konten lokal yang kuat dalam produk-produk kreatifnya,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, founder & CEO eFishery, Gibran Huzaifah mengatakan berharap para peserta bisa memulai bisnisnya untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat, bukan sekadar mengikuti trend. Semakin banyak entrepreneur terlibat dan bisa meraih keberhasilan maka mereka akan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat karena bisa menjadi solusi nyata bagi Indonesia. 

Baca Juga: Perlahan, 'Entrepreneur' Tergerus 'Social Enterprise', Apa Itu?

Lebih jauh Gibran berpendapat bahwa ajang roadshow yang dilaksanakan di 9 kota ini mampu membangun semangat kewirausahaan sekaligus membantu pengusaha lokal di daerah untuk mendapatkan eksposur ke permodalan, mentorship, serta publikasi yang bisa membantu mereka utk lebih maju. 

"Dengan begitu ekonomi lokal bisa berkembang dan kualitas ekosistem disana juga bisa lebih maju," ujarnya.

Diketahui, Roadshow kompetisi DSC|X dilakukan mulai tanggal 21 Mei sampai dengan tanggal 23 Juli 2019 di sembilan kota di Indonesia, yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan. Makassar, Bali dan Jakarta. Sejumlah Coworking Space dari masing-masing kota seperti, Satu Atap, Ngalup.co, Dagadu Djokdja, CO&CO, Impala Space, CoHive at Clapham, dan Kembali Innovation Hub, DSC|X menghadirkan narasumber seperti mentor nasional dan local heroes untuk berbagi pengetahuan tentang kewirausahaan pada roadshow tersebut. 

Rencananya, ada tiga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan di atas, antara lain Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Mahardika, Universitas Ciputra, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gajahmada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Setelah dilaksanakan di Bandung, roadshow DSC|X akan hadir di kota Medan (4/7), Makasar (9/7), Bali, (16/7), dan kota terakhir sebagai penutup roadshow adalah Jakarta (23/7).  

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: