Unicorn Indonesia di bidang agensi perjalanan, Traveloka, memimpin putaran pendanaan Seri B platform teknologi di bidang gaya hidup dan hiburan Singapura, PouchNation. Putaran itu juga diikuti oleh SPH Ventures.
Melansir KrAsia (27/6/2019), bisnis platform itu dimulai sebagai gelang pembayaran pada berbagai perhelatan sejak 2014. Kini, lini bisnisnya telah berkembang meliputi penyelenggaraan acara, pembelian tiket taman hiburan dan layanan dan pariwisata, kontrol keamanan acara, pembayaran nontunai, aktivasi merek, hingga pengumpulan data.
Baca Juga: Perluas Mitra, Traveloka Jadi Partner Bisnis PO Sinar Jaya
Melihat pertumbuhan itu, Traveloka pun ingin bersinergi melalui pendanaan tersebut. Apalagi, perusahaan itu baru saja merilis submerek di bidang hiburan, Traveloka Xperience.
"Ini salah satu upaya kami untuk memperkuat posisi sebagai discovery platform," kata Sylvia dalam keterangan resmi yang dilaporkan Katadata.co.id (26/6/2019).
Kerja sama antara Traveloka dan PouchNation memperkuat komitmen Traveloka untuk keluar dari zona nyaman, dengan menginovasikan layanan di luar lini bisnis penjualan tiket penerbangan dan hotel.
Baca Juga: Traveloka Rilis Layanan Baru, Hadirkan Pengalaman Unik dan Tak Terbatas
CEO PouchNation, Ilya Kravtsov menyampaikan, “Teknologi PouchNation berfokus pada penyelenggaraan secara luring, sedangkan Traveloka fokus pada penjualan tiket daring. Sebagai bagian dari kemitraan, sistem PouchNation dan Traveloka akan terintegrasi, kami juga akan menjadi mitra teknologi on-ground mereka."
PouchNation memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk industri hiburan dan gaya hidup. Solusi itu telah digunakan di sejumlah acara besar, seperti Zoukout dan Beerfest Asia di Singapura, Good Vibes di Malaysia, Bali Marathon di Indonesia, dan Sensation di Thailand.
Baca Juga: Penuhi Gaya Hidup dengan Nikmati Hiburan dan Musik Berkualitas bersama Traveloka
Lebih lanjut, PouchNation bertujuan untuk memperluas layanan di luar penyelenggaraan acara menjadi platform hiburan terkemuka. Platform itu akan menghubungkan pengunjung suatu acara dan pelancong di seluruh Asia dengan pemain besar e-commerce, merek, dan pihak lain yang ingin mendapatkan visibilitas dan kunjungan dari para pengguna PouchNation.
Selain dua produk utamanya, PouchEvents dan PouchVenues, perusahaan berencana meluncurkan lini produk ketiga bernama PouchDigital tahun ini. Saat ini, perusahaan memiliki kantor di Singapura, Filipina, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.
Platform hiburan lokal yang mirip dengan PouchNation ialah Loket, startup yang telah menjadi bagian dari ekosistem Go-Jek itu mendukung layanan Go-Tix pada aplikasi berbasis permintaan tersebut.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Kumairoh
Tag Terkait: