Dialpad Inc dan Line Corporation telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk membicarakan lebih lanjut mengenai pengembangan dan peningkatan teknologi AI, termasuk teknologi speech to text (STT) yang akan datang dan sedang dikembangkan dalam bisnis AI Line, Line Brain.
Dengan mengkombinasikan perspektif dari pengguna maupun administrator, Dialpad telah meredefinisi konsep mengenai telepon dan alat komunikasi dengan sistem Dialpad, produk baru yang didesain dari 0 sebagai alat komunikasi bisnis di masa depan.
Dengan Dialpad, perusahaan akan dapat menyatukan segala komunikasi bisnis fundamental mereka (panggilan suara, panggilan video, rapat, pesan, dan banyak lagi) melalui satu alat saja. Sistem ini bekerja di berbagai macam perangkat, termasuk telepon kantor, komputer, dan smartphone.
Tahun lalu di Amerika Utara, Dialpad merilis versi bahasa Inggris dari Voice Intelligence (VI), menawarkan nilai tambah dari telepon dan alat komunikasi. VI menggunakan data suara secara real time yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan pengguna dengan potensi untuk meningkatkan komunikasi eksternal maupun internal dan peningkatan efisiensi, produktivitas, dan kualitas kerja.
Baca Juga: Visa, Orico, Line Pay Luncurkan Kartu Kredit Baru
Hingga saat ini Line telah bekerja untuk mengembangkan dan menggunakan asisten AI Clova serta menyediakan pengguna berbagai layanan yang diaktifkan melalui suara via smart display Clova Desk dan smart speakers Clova Friends.
Selain itu, Line juga telah mengembangkan dan menerapkan berbagai teknologi AI seperti chatbot dan OCR ke dalam aplikasi LineE dan layanan lainnya. Dengan peluncuran bisnis baru Line Brain ini, Line telah mengumumkan bahwa mereka juga akan mulai menawarkan kepemilikan teknologi AI, termasuk Clova, pada perusahaan lain.
Kedua perusahaan ini akan berkolaborasi mengembangkan dan meningkatkan STT untuk bisnis Line Brain, juga teknologi AI lainnya. Untuk spesifiknya, Line akan menggunakan data suara yang disediakan Dialpad untuk mengembangkan dan meningkatkan STT dan teknologi AI. Sebagai timbal balik, Line akan menyediakan Dialpad keakuratan mesin STT yang didesain untuk bahasa Jepang.
Baca Juga: Kenalkan Line Brain, Layanan AI Milik Line Corp
Kedua perusahaan juga akan bekerja sama dalam pengembangan pengenalan suara dalam model telepon 8kHz di samping model telepon 16kHz yang lebih umum dan digunakan pada Clova saat ini.
STT API yang dikembangkan dan ditingkatkan melalui inisiatif ini diharapkan dapat diterapkan secara luas di berbagai layanan, mulai dari mendukung pengoperasian call center, pemesanan telepon reservasi restoran otomatis, dan menyiapkan notulensi rapat. Ke depannya, Line dan Dialpad ingin membuat wadah teknologi ini tersedia bagi penyedia layanan dan perusahaan lain.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti