Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ruangguru Tambah 4 Fitur Bimbel Online Baru di HUT Ke-5

Ruangguru Tambah 4 Fitur Bimbel Online Baru di HUT Ke-5 Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan rintisan teknologi pendidikan, Ruangguru, merilis tiga fitur baru dalam aplikasinya untuk mendongkrak jumlah pengguna aktifnya yang saat ini mencapai 15 juta siswa. Peluncuran fitur baru tersebut sekaligus merayakan ulang tahun ke-5 Ruangguru, juga menyambut tahun ajaran 2019/2020.

Pendiri dan CEO Ruangguru, Belva Devara menyatakan, selama lima tahun terakhir, layanan Ruangguru telah melayani lebih dari 15 juta pelajar dan 300.000 guru di seluruh Indonesia. Aplikasi Ruangguru juga memeroleh rating tertinggi untuk aplikasi belajar di Google Playstore, dengan rating 4,7 dari 5.

"Aplikasi Ruangguru telah banyak mengalami perubahan dari tahun lalu. Kami banyak membuat inovasi baru untuk pengguna. Dari yang sebelumnya aplikasi bimbel (bimbingan belajar) online terbesar kini menjadi aplikasi belajar terbesar di Indonesia," ujarnya, Rabu (10/7/2019).

Baca Juga: Gabungkan Kelas Tatap Muka dengan Teknologi, Ruangguru Luncurkan Bimbel Brain Academy

Dia memaparkan, fitur baru tersebut, antara lain Bank Soal, Ruangguru Adventure, Live Teaching, dan Discussion Forum. Menurutnya, fitur Bank Soal mengubah wajah aplikasi Ruangguru dari semula seperti perpustakaan dengan video-video belajar, kini dilengkapi dengan contoh soal ujian dari tahun ke tahun untuk menjadi referensi pelajar.

Fitur ini menggunakan sistem pintar atau smart recommendation, yang dapat merekam seluruh kegiatan pengguna secara otomatis dalam aplikasi, dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan siswa tersebut. Dari data tersebut, aplikasi dapat merekomendasikan produk atau fitur yang paling sesuai dengan pengguna.

Sementara itu, Ruangguru Adventure merupakan gamifikasi proses pembelajaran dalam aplikasi Ruangguru. Melalui fitur ini, pengguna dapat bermain sambil belajar, dan berpeluang mendapatkan sejumlah poin yang dapat ditukar dengan produk digital dalam aplikasi.

"Gamifikasi ini terbukti meningkatkan engagement cukup tinggi pengguna aplikasi kami. Dengan memainkan gim sebenarnya pengguna juga sedang belajar. Proses belajar menjadi menyenangkan," ungkapnya.

Baca Juga: CEO Ruangguru: Merintis Startup Edutech Itu Kompleks

Fitur lainnya adalah Live Teaching yang menyiarkan secara langsung pemaparan dari guru lewat aplikasi. Pengguna dapat langsung melakukan tanya jawab melalui fitur chat yang ada di dalamnya.

Fitur terakhir adalah Discussion Forum, yang menjadi ruang diskusi antarpelajar pengguna mengenai topik tertentu. Forum diskusi ini turut dimoderatori oleh pengajar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: