Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mudik Lancar, Pelindo III Raih Penghargaan Manajemen Informasi Terbaik

Mudik Lancar, Pelindo III Raih Penghargaan Manajemen Informasi Terbaik Kredit Foto: Antara/Didik Suhartono
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelindo III menerima apresiasi untuk manajemen informasi arus mudik yang dikelolanya, selama musim liburan Idul Fitri tahun 2019. Apresiasi diberikan secara langsung oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal (Purn.) Moeldoko, Sekjen Kominfo Niken Widiastuti, dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana, kepada Direktur Utama Pelindo III Doso Agung di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (19/7).

 

“Saya sampaikan selamat kepada para penerima penghargaan. Saya mengapresiasi sejumlah Kementerian, Lembaga, BUMN, yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam melaksanakan perintah Presiden yakni Pelaksanaan mudik yang makin baik. Mudah-mudahan tahun depan tidak hanya 12 lembaga, tetapi lebih banyak lagi,” kata Moeldoko dalam sambutannya.

 

Baca Juga: Pelindo III Resmikan Terminal Penumpang Panglima Utar Kumai

 

Penganugerahan dan apresiasi diberikan berdasarkan hasil Program Pemantauan Layanan Manajemen Informasi Arus Mudik Tahun 2019 yang dimulai sejak April 2019. Program tersebut merupakan kerja sama antara Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Komisi Informasi Publik (KIP), dan Kantor Staf Presiden (KSP). Kemudian juga melibatkan Google Indonesia sebagai pemantau traffic dan konten di portal www.infomudik.go.id.

 

Kantor Staf Presiden sejak 2018 mengembangkan portal www.infomudik.go.id sebagai wadah informasi kegiatan arus mudik teraktual. Materi informasi dihimpun dari lintas Kementerian, Lembaga dan BUMN terkait dengan kegiatan mudik lebaran antara lain dari Kementerian Kominfo, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kepolisian RI, BMKG, Basarnas, RRI, PT Pertamina, PT Jasa Marga, PT Bina Marga, PT Waskita Karya, PT ASDP, PT KAI, PT Hutama Karya, PT Angkasa Pura I, PT  Angkasa Pura II, PT Pelni, PT Pelindo I, PT Pelindo II, PT Pelindo III, dan PT Pelindo IV.

 

Baca Juga: Pelindo III dan PGN Bakal Bangun Terminal LNG di Tanjung Perak

 

Doso Agung usai menerima apresiasi mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan bentuk dukungan penuh terhadap program pemerintah untuk menyelenggaran arus mudik yang aman, nayaman dan menyenangkan untuk pemudik khususnya pelayanan di pelabuhan laut. Selain itu juga sebagai tanggung jawab Pelindo III yang terpilih sebagai BUMN paling informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2018. 

 

“Keterbukaan informasi merupakan prinsip penting bagi Pelindo III sebagai bagian dari kepatuhan pada GCG (Good Corporate Governance/Tata Kelola Perusahaan yang Baik). 

 

Baca Juga: Pelindo III Akan Terapkan Gate in Online di Pelabuhan Tanjung Perak

 

Prinsip ini dilaksanakan tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tetapi juga hingga ke pelayanan publik seperti kepada penumpang kapal laut,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, justru dengan menjalankan mekanisme Keterbukaan Informasi Publik (KIP), proses bisnis perusahaan juga mendapatkan instrument pengawasan tambahan, yakni dari mata publik sendiri. Selain itu feedback (respon) yang didapat dari menjalankan KIP juga menjadi masukan yang berarti bagi perusahaan untuk menilai kepuasan layanan yang diberikan. 

 

Maka tak heran bila BUMN operator pelabuhan ini juga menerima 11 Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi dari Kementerian Perhubungan pada September tahun lalu.

 

Pada penyelenggaraan Program Mudik Gratis tahun ini, Pelindo III kembali mengimplementasikan pemanfaatan teknologi digital. 

 

Baca Juga: Pelindo III: Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Jatuh 2 Juni

 

Di antaranya telah disiapkan papan informasi digital untuk jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal. Program Mudik Bareng BUMN yang dilayani Pelindo III juga mudah diakses melalui situs internet dan ponsel. 

 

“Pelindo III juga telah mengajak sejumlah operator kapal untuk mulai mengimplementasikan e-ticketing. Penetrasi inovasi digital untuk memudahkan dan meningkatkan efektivitas transportasi laut perlu didorong bersama-sama demi membantu para penumpang kapal laut,” pungkas Doso Agung.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: