Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diversifikasi Produk Bawa Metrodata Raih Kenaikan Laba Bersih 32,3%

Diversifikasi Produk Bawa Metrodata Raih Kenaikan Laba Bersih 32,3% Kredit Foto: PT Metrodata Electronics Tbk
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Metrodata Electronics Tbk, perusahaan publik yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kembali mencatatkan kinerja positif sepanjang semester I tahun 2019. Metrodata meraih laba bersih sebesar Rp152,52 miliar di semester pertama tahun ini, atau mengalami pertumbuhan sebesar 32,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, Rp115,28 miliar.

Susanto Djaja, Presiden Direktur Metrodata mengungkapkan, strategi diversifikasi segmen bisnis dan produk yang diterapkan Metrodata dilakukan sejak beberapa tahun lalu menjadi salah satu penunjang terbesar positifnya kinerja di semester I tahun 2019.

“Metrodata tetap bertumbuh karena risikonya juga ter-spread, itulah yang membedakan kami dari pesaing lain,” ungkap Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk.

Baca Juga: Ashiap! Metrodata Siap Tebar Dividen Rp61,38 Miliar

Total penjualan Metrodata pada semester I-2019, tercatat meningkat, mencapai Rp 6,16 triliun, atau naik 13,7% dari Rp 5,42 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Kontribusi terbesar terhadap penjualan masih berasal dari unit bisnis Distribusi, namun pertumbuhan penjualan paling tinggi berasal dari unit bisnis Solusi.

Menurut Susanto, meningkatnya kesadaran akan perlunya transformasi digital ke arah revolusi industri 4.0 juga menjadi pondasi bagi Metrodata untuk bertumbuh di semester I tahun 2019. Saat ini banyak korporasi sudah semakin aware untuk melakukan transformasi digital, tren ini menyebabkan demand meningkat, sehingga tahun ini unit bisnis Solusi Metrodata bertumbuh besar.

Baca Juga: Jelas Aja Pendapatan Naik 17,5%, Metrodata Mainkan Strategi Ini

Randy Kartadinata, Direktur Metrodata menambahkan, dari sisi unit bisnis Distribusi di bawah pengelolaan anak usaha PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), Metrodata memiliki dua segmen utama, yaitu Consumer (penjualan kepada dealer) dan Commercial (penjualan ke segmen korporasi melalui Perusahaan Solusi TIK).

Lebih lanjut, Randy mengatakan kinerja keuangan Metrodata pada semester I-2019 masih sesuai dengan target tahun 2019. Dengan melihat pencapaian di semester pertama tahun ini.

"Kami optimis Metrodata dapat melampaui target pertumbuhan penjualan dan laba bersih yang dicanangkan pada awal tahun ini sebesar 12% dan 12,5%," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: