PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) membukukan angka pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 554 unit di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Capaian tersebut melonjak 78% dibandingkan capaian dari GIIAS tahun sebelumnya.
"Ini menjadi indikator positif bagi Hino bahwa pasar mulai bangkit lagi di semester kedua 2019 pasca-pemilu dan konsumen tetap percaya terhadap produk-produk yang kami tawarkan," kata Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo di Jakarta, Jumat (2/8/2019).
Santiko mengatakan, Hino tipe Tractor Head berkontribusi terbesar 22%. Sementara New Generation Ranger FM dengan konfigurasi 6x4 untuk bisnis konstruksi dan pertambangan menyumbang 18%, serta light duty truck Hino New Dutro HD sebanyak 18%.
Dalam GIIAS 2019, ungkap dia, Hino juga menampilkan kendaraan ramah lingkungan, yakni Hino Dutro Hybrid.
Baca Juga: Hyundai Lirik Indonesia Jadi Basis Produksi Otomotif
"Kendaraan ini berhasil menyedot animo dan perhatian pengunjung sehingga menjadi kendaraan komersial terfavorit pilihan pengunjung," tambahnya.
Dia mengatakan, Hino berkontribusi di sektor ekspor, di mana truk Hino sudah tersebar ke banyak negara di Asean, Amerika Utara, Amerika Selatan, Oceania sampai ke Afrika.
Hal ini menjadikan Hino Indonesia tercatat sebagai yang pertama dan satu-satunya merek kendaraan komersial dalam negeri yang melakukan ekspor kendaraan utuh atau completely build up (CBU) untuk kategori kendaraan komersial truk dan bus. Total sudah 11,195 unit kendaraan Hino diekspor dari 2010 sampai saat ini.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti