Apa Saja yang Disajikan GoFood Festival Banjarmasin? Berikut Ulasannya
GoFood Festival akhirnya secara resmi menjejakkan dirinya di Banjarmasin. Kehadiran GoFood di Ibu Kota Kalimantan Selatan itu merupakan salah satu upaya mendorong UMKM kuliner lokal agar bisa terus memperluas pasarnya serta memberikan pengalaman bersantap kuliner serba nikmat dalam satu tempat pada masyarakat.
Selama di Banjarmasin, GoFood Festival akan dibuka selama satu tahun ke depan di Duta Mall Banjarmasin, Lantai 2. Ada sebanyak 18 merchant bakal menyajikan produk kuliner terbaiknya di jaringan pujasera UMKM besutan platform Gojek tersebut.
Gojek Indonesia punya harapan besar untuk bisa berkontribusi mengembangkan usaha kecil dan menengah yang berkelanjutan.
"Kami terus menciptakan inovasi teknologi dan inisiatif yang berkelanjutan untuk memastikan keberlangsungan bisnis mitra merchant. Kami melihat perkembangan usaha mikro kecil dan menengah bidang kuliner di Banjarmasin yang terus bertumbuh," tutur VP Regional Gojek Indonesia Timur, Anandita Danaatmadja dalam keterangan resminya di Jakarta, baru-baru ini.
Menurut Anandita, tercatat lebih dari 5.500 usaha kuliner di Banjarmasin yang bergabung di aplikasi layanan pesan-antar makanan GoFood.
"Bahkan, Banjarmasin termasuk salah satu kota dengan pertumbuhan merchant yang positif di Kalimantan," tambahnya.
Salah satu yang menjadi alasan mitra UMKM bergabung dengan GoFood adalah keandalan teknologi yang dimilikinya. Dalam sebuah penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) juga diketemukan jika selama 2018, mitra UMKM GoFood berkontribusi Rp 18 triliun ke perekonomian Indonesia dari keseluruhan kontribusi mitra Gojek yang mencapai Rp 44,2 triliun.
Bukan hanya berkontribusi terhadap perekonomian daerah dan nasional, GoFood Festival baru-baru ini juga mencatat prestasi baru, yaitu mencetak rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai jaringan pujasera UMKM dengan lokasi terbanyak di Indonesia, bahkan dunia.
"Untuk membantu mitra UMKM memperluas bisnis, GoFood kemudian menginisiasi GoFood Festival yang sekaligus merupakan upaya mempromosikan ragam kuliner lokal terbaik," ungkap Anandita.
Berdasarkan data yang terhimpun, Anandita menuturkan, omzet para mitra yang hadir di festival ini melonjak hingga 2 kali lipat.
"Data internal kami memperlihatkan hasil yang cukup signifikan, mitra merchant UMKM di GoFood Festival berhasil meningkatkan omzet penghasilan hingga 2 kali lipat. Inilah yang mendasari terus meluasnya lokasi GoFood Festival, termasuk di Banjarmasin," katanya lagi.
Mitra merchant harus terdaftar sebagai merchant GoFood terlebih dahulu serta memiliki performa yang baik untuk bisa memperoleh kesempatan membuka gerai di GoFood Festival. Pada ajang ini, mitra merchant bisa mengikuti program promosi dengan mudah serta mendapatkan fasilitas lengkap, mulai dari perlengkapan memasak, alat penyimpanan makanan, listrik, hingga area berjualan semua disediakan secara gratis.
GoFood Festival yang berlangsung di Banjarmasin ini juga memperoleh dukung dari sang Wali Kota Ibnu Sina, S.Pi, M.Si.
"Saat ini, Pemerintah Banjarmasin memiliki program untuk melahirkan wirausaha baru yang berbasis UMKM dan sudah tiga tahun berjalan program ini bisa memfasilitasi 2.017 UMKM, semoga di kesempatan lain mereka bisa menjadi mitra GoFood," ucap Ibnu Sina.
Wali Kota Banjarmasin mengapresiasi sekaligus menaruh harapan kepada Gojek agar bisa memajukan usaha di Indonesia.
"Saya berharap Gojek sebagai anak bangsa juga semakin maju, semakin berkembang menjadi yang terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Saya juga mengapresiasi Gojek yang baru saja ikut berpartisipasi dalam upaya mengurangi penggunaan plastik di Banjarmasin, semoga inisiatif positif seperti ini bisa terus dikembangkan," tukasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: