Kemasan produk menjadi hal yang penting disamping kualitas produk yang dijual. Berbagai industri besar seperti makanan, minuman, fashion, hingga elektronik memberikan kesan menarik pada penampilan kemasan produk.
Hal ini guna menarik minat konsumen dalam membeli sebuah produk dan meningkatkan daya saing prosuk itu sendiri.
Di Indonesia sendiri isu kemasan produk masih menjadi tantangan bagi produk lokal utamanya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab banyak produk UMKM lokal yang memiliki kualitas baik dan bisa diterima oleh pasar. Tetapi tidak memiliki kemasan produk yang menarik sehingga tidak dapat bersaing secara jangka panjang ditengah gempuran barang impor.
Baca Juga: Bikin Melongo, Ini Deretan Brand Mewah Milik Bernard Arnault
1. Memberikan Daya Tarik
Dalam persoalan kemasan produk, dari sisi daya tarik menjadi faktor utama, bisa saja dengan produk yang sama, kualitas yang sama, dan harga yang sama. Tetapi kemasan produk yang berbeda, maka tingkat penjualannya berbeda karena kurang menariknya kemasan produk yang ditampilkan.
Selain memberikan perlindungan terhadap produk yang dijual, kemasan produk yang menarik juga mampu meingkatkan penjualan. Bahkan jika desain yang unik dan menggunakan bahan material yang bagus konsumen enggan membuangnya.
Bagi UMKM bisa menggunakan jasa desain kemasan produk sesuai dengan produk yang dijual, dan target pasar yang dituju. Hal ini agar kemasan produk tidak salah sasaran dan menjadi nilai lebih sebuah produk.
Baca Juga: 5 Tips Bisnis Online untuk Pemula Ala Michael Sugiharto
2. Membangun Kepercayaan
Dengan menggunakan kemasan produk yang baik dan menarik, secara tidak langsung penjual juga membangun kepercayaan kepada konsumennya. Hal ini dilihat dari kemasan produk yang memberikan informasi produk secara jelas. Kemudian kode produksi, tanggal kadaluarsa produk, standar keamanan produk, hingga sertifikasi halal dari lembaga berwenang.
Dengan informasi yang lengkap, hal ini tentu menjadi menarik dan informatif. Tetapi yang perlu diingat adalah meringkas informasi secara bijak, dengan menyesuaikan desain dan tata letaknya.
Baca Juga: Membangun Citra Produk UMKM Melalui Kemasan
Sebab, kepercayaan konsumen juga penting, dan menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli sebuah produk, jika informasi tidak jelas, maka konsumen juga enggan membeli produk tersebut.
3. Membuat Ciri Khas
Kemasan produk juga menjadi ciri khas sebuah produk dan memberikan kemudahan konsumen mengenali produk yang dijual. Bahkan beberapa industri makanan di Indonesia terus mempertahankan identitas yang dijualnya. Seperti logo, warna, hingga desain kemasan, hal ini semata-mata untuk mempertahankan ciri khas yang melekat pada produk.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: