Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masih Betah Pimpin Pasar India, Xiaomi Catat Prestasi Baru di Sana

Masih Betah Pimpin Pasar India, Xiaomi Catat Prestasi Baru di Sana Xiaomi | Kredit Foto: Xiaomi
Warta Ekonomi, Surakarta -

Xiaomi telah mengirimkan lebih dari 100 juta ponsel pintar di India sejak beroperasi selama lima tahun di sana, berdasarkan data dari lembaga riset IDC.

Produsen ponsel yang telah menduduki pucuk di daftar ponsel terlaris India selama delapan kuartal itu mengatakan, Redmi dan Redmi Note menjadi model yang paling banyak dibeli di negara itu.

"Tonggak sejarah perusahaan hari ini merupakan bukti cinta yang kami terima dari jutaan Mi Fans. Ada merek yang memasuki pasar sebelum kami, tapi tak ada yang mendekati prestasi yang telah kami capai," jelas Wakil Presiden Xiaomi dan MD India, Manu Jain dalam keterangannya, dilansir dari TechCrunch, Jumat (6/9/2019).

Baca Juga: Saingan Berat Ponsel Lipat Samsung Ini Siap Mengudara Bulan Depan

Di India, ponsel dijual di bawah US$200. Sementara, ponsel Xiaomi memiliki harga yang melampaui angka itu. Perusahaan mengatakan, tak pernah mengambil keuntungan lebih dari 5% untuk tiap perangkat keras yang dijualnya.

Jain menambahkan, "Kami percaya ini hanyalah awal dari petualangan baru dan kami akan terus menghadirkan lebih banyak kategori dan produk dengan spesifikasi terbaik, kualitas tertinggi dengan harga yang kompetitif ??untuk semua Mi Fans."

Seiring meningkatnya persaingan di negara China dan penurunan pengiriman ke sejumlah negara, India dianggap sebagai pasar terpenting bagi Xiaomi dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Akur, Xiaomi Tanam Sensor Kamera 108 MP Samsung di 4 Ponsel Barunya

Di tahap awal, perusahaan menjual produknya secara daring guna efisiensi biaya. Dua tahun setelahnya, penjualan mulai merambah ranah luring, mendorong banyak perangkat yang terjual di India. 

Bulan lalu, Xiaomi menyampaikan sedang menargetkan untuk membangun 10 ribu toko fisik di negara itu. Sementara, mereka mengklaim telah menciptakan 20 ribu pekerjaan di India, yang sebagian besar diisi oleh wanita.

Dalam wawancara dengan TechCrunch baru-baru ini, eksekutif Xiaomi mengatakan, mereka memiliki tim khusus di India untuk berkolaborasi dengan startup lokal

Samsung, yang pernah memimpin pasar ponsel pintar India, telah meluncurkan beberapa model perangkat untuk bersaing dengan Xiaomi. Raksasa teknologi Korea itu juga meningkatkan anggaran pemasarannya di negara ini. Sayangnya, pasar masih dipimpin oleh sang perusahaan China.

Perusahaan itu memasuki India lebih dari satu dekade lalu dan telah mengirim lebih dari 100 juta ponsel pintar di negara itu, kata lembaga riset Counterpoint.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: