Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rakernas APJI ke-5 di Bali Akan Dimeriahkan dengan Artfood Festival

Rakernas APJI ke-5 di Bali Akan Dimeriahkan dengan Artfood Festival Kredit Foto: APJI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V tahun 2019, yang akan dilaksanakan di Bali, 13-15 September. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Rakernas kali ini juga akan digelar Artfood Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasa Boga.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APJI, Rahayu Setiowati mengatakan, Rakernas akan digelar di di Hotel Prama Sanur Beach Bali, sedangkan Artfood Festival akan digelar di Pantai Sanur. Pemilihan lokasi tersebut karena antusias warga setempat yang luar biasa untuk menyambut rangkaian kegiatan yang digelar.

Selama ini Bali juga telah menjadi tujuan wisata seluruh dunia. Sehingga tempat itu menjadi lokasi yang pas untuk memperkenalkan makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi ibaratnya Bali menjadi tempat untuk memamerkan (showcase), melalui Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasa Boga.

Baca Juga: Baca Juga: APJII Harap RUU Keamanan dan Ketahanan Siber Segera Tuntas

Rakernas sebagai kegaitan rutin setiap penyelenggarannya mengambil lokasi yang berbeda, seperti penyelenggaran sebelumnya dilaksanakan di Bandung, Makassar, Riau, Surabaya, dan Bali untuk tahun ini. Untuk Rakernas berikutnya juga akan mengambil lokasi berbeda. Namun untuk kegiatan Artfood Festival yang merupakan kegiatan pertama rencananya akan menjadi agenda rutin, yang digelar yang akan tetap digelar di Bali, setidaknya untuk tiga tahun ke depan.

“Tapi tidak menutup kemungkinan akan pindah kota, tapi 3 tahun ke depan akan ada di Bali,” jelas Ayu (sapaan akrab Ketum APJI) ini.

Fokus Rakernas sendiri, menurut Ayu, akan mengedepankan teknologi 4.0 untuk memajukan industri jasa boga. Menurutnya pelaku jasa boga harus maju 100 langkah, karena menghadapi persaingan yang ketat, terutama dengan makanan dari luar negeri. Karena itu mau tidak mau makanan Indonesia setidaknya harus sama dengan makanan dari luar negeri, agar bisa bersaing.

Baca Juga: Baca Juga: APJII: Perlindungan Data Pribadi Mutlak Diperlukan

Siti Radarwati, Ketua Panitia Rakernas V APJI tahun 2019 dan Artfood Festival, mengatakan, Rakernas akan diikuti oleh seluruh pimpinan dan anggota DPP dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 23 daerah, dengan peserta sekitar 200-300. Sementara, tingginya animo masyarakat, menurutnya, dapat dilihat dari peserta pameran yang mendaftar untuk mengikuti acara tersebut, yang sudah melampaui target.

Total, peserta lomba sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 500 peserta dari berbagai daerah yang mendaftar, bahkan ada peserta dari Thailand yang sudah conform,” ungkap Siti.

Untuk mendaftar sebagai peserta, para pelaku usaha yang kebanyakan berasal dari para UKM setempat, dikenakan biaya pendaftaran Rp1,5 juta untuk bisa berjualan selama 3 hari. Tidak hanya sebagai peserta, dengan mengikuti festival tersebut, pelaku usaha juga akan menjadi anggota dan mendapat pembinaan dari DPD APJI Bali.

Baca Juga: Baca Juga: APJII Raih Sertifikasi SO 27001 untuk Data Center

Menurut Siti, Artfood Festival dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan milenial, dengan menyediakan zona khusus untuk milenial, yang tidak hanya menyediakan makanan untuk milenial, tapi juga sajian musik yang lebih banyak. Target pengunjung selama kegiatan, sekitar 10 ribu pengunjung, sekitar 65% diharapkan datang dari para milenial.

Para pelaku usaha jasa boga yang mendaftar dalam kegiatan tersebut, menurut Siti, sekitar 30% adalah pera milenial dengan produk yang sesuai dengan selera milenial. Sesuai dengan fokus Rakernas, industri 4.0 dan digitalisasi, diharapkan kegiatan tersebut menjadi salah satu sarana promosi dan meningkatkan usaha makanan para pelaku startup makanan.

Siti menambahkan, kegiatan yang digelar di Pantai Sanur itu nantinya juga akan dimeriahkan dengan penampilan sederet artis ternama seperti Via Vallen dan Vidi Aldiano serta artis lokal Bali. Artfood Festival digelar diatas lahan seluas 8.700 meter persegi, dengan 130 booth yang dibagi beberapa zona. Mulai dari Zona Industri, Zona Fashion, Art and Beauty, Zona F&B yang didalamnya terdapat area khusus untuk Vegertarian, Organic dan Healty Food.

Pengunjung juga bisa menikmati beragam industri kreatif dalam zona Milenial, seperti body and face painting, entertainment dan lainnya yang sedang berkembang saat ini,” jelas Siti.

Selain itu akan digelar juga di Hotel Prama Sanur Beach Bali, Training dan Workshop yaitu, Keamanan Pangan, Star Up Business oleh Ibu Fatma Bahalwan, dan Gapura Digital Google, Training Fruit and Vegetable Carving, Training Chocolate Pralin, Master Class Barista oleh Indolakto, dan Master Class Cooking oleh Chef Vindex Tengker.

Dalam Artfood Festival sendiri akan diadakan beberapa lomba yang digelar, seperti Lomba Jajan Pasar yang didukung oleh Rose Brand, Kompetisi Barista Latte Art di dukung oleh Indomilk, Coconut Coffee didukung oleh santan Sasa, Flare Competition didukung oleh Vibe. Ada juga Lomba Masak Dalam Bambu, Membuat Masakan Nusantara, dan lainnya. Khusus untuk anak-anak, akan diadakan Lomba Memasak dan Kreasi Sarapan Anak.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: