Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Bidik 2,8 Juta Turis Tiongkok di 2020

Indonesia Bidik 2,8 Juta Turis Tiongkok di 2020 Kredit Foto: Antara/Maulana Surya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementrian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan 2,8 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok pada 2020 dari total kunjungan turis ke Indonesia sebesar 20 juta.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional I Kemenpar, Vinsensius Jemadu mengatakan,  Tiongkok merupakan pasar utama bagi pariwisata Indonesia yang setiap tahun memberikan kontribusi signifikan terhadap kunjungan wisman ke Indonesia.

"Wisatawan Tiongkok selama berkunjung ke Indonesia rata-rata menghabiskan lama tinggal tujuh hari dengan pengeluaran sebesar US$1.019 per kunjungan per orang. Sementara destinasi yang paling favorit bagi wisman Tiongkok adalah Bali, Manado, Lombok, Jakarta, dan Kepulauan Riau (Batam dan Bintan)," kata Vinsensius.

Baca Juga: Lewat PMA, Devisa Pariwisata Diramal Capai Rp180 Triliun

Untuk meningkatkan kunjungan wisman Tiongkok ke Indonesia, kata Vinsensius, berbagai upaya dilakukan pemerintah, di antaranya menggencarkan promosi melalui berbagai misi penjualan (sales mission) maupun consumer selling dengan online travel agent (OTA) ternama di Tiongkok, seperti Ctrip, Tuniu, dan Tongcheng.

Selain itu, upaya lainnya yakni dengan kembali menggelar Indonesia Festival (Inafest) 2019 pada 20-22 September 2019 di Oriental Pearl Tower (OPT) yang merupakan ikon kota Shanghai, Tiongkok. Penyelenggaraan Inafest 2019 merupakan kali keempat.

"Kegiatan Inafest 2019 ini diharapkan dapat meningkatkan awareness terhadap Wonderful Indonesia melalui seni budaya dan produk Indonesia agar semakin dikenal oleh masyarakat Tiongkok, sehingga dapat menarik wisatawan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: UKM dan Pariwisata Tidak Bisa Dipisahkan

Booth Wonderful Indonesia turut diramaikan oleh tim kesenian yang membawakan tari-tari tradisional serta angklung interaktif, coffee corner oleh barista, dan workshop membuat batik oleh Ambassador of Indonesian Batik (Putri Batik Nusantara).

Selain itu, booth Wonderful Indonesia juga menawarkan informasi pariwisata, di antaranya mengenai perkembangan terkini pembangunan 10 destinasi pariwisata prioritas sebagai '10 New Bali', termasuk lima destinasi super prioritas, yakni Danau Toba, Borobodur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: