Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Efek Banjir, Penerbangan dari dan ke Bandara Halim Dioper ke Bandara Soetta

Efek Banjir, Penerbangan dari dan ke Bandara Halim Dioper ke Bandara Soetta Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma ditutup hari ini, Rabu 1 Januari 2020, demi keselamatan dan keamanan penerbangan karena hujan yang mengguyur Jakarta sejak kemarin sore hingga kini dan berdampak pada adanya genangan air di runway.

Menyusul hal tersebut, seluruh penerbangan dari dan ke Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta. Adapun jarak antara Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta tidak begitu jauh yakni sekitar 40 km.

Baca Juga: Banjir, PLN Lakukan Pemadaman demi Keselamatan Warga

Kedua bandara ini juga dioperasikan oleh PT Angkasa Pura II dengan konsep Multi-airports system sehingga saling mendukung satu sama lain. Terkait hal itu, PT Angkasa Pura II memastikan Soekarno-Hatta siap melayani seluruh penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, mengatakan seluruh personil operasional dan pelayanan di sisi udara dan sisi darat siap mengakomodir penerbangan yang dialihkan itu.

"Kapasitas di Soekarno-Hatta masih tersedia untuk melayani penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma. Di Soekarno-Hatta terdapat berbagai fasilitas dan prosedur untuk mendukung hal tersebut, kami siap agar penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma dapat tetap beroperasi normal melayani masyarakat," ujar Agus Haryadi dalam keterangan tertulis hari ini.

Adapun total terdapat 21 rute penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta, yaitu dari dan ke Kualanamu, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Solo, Malang, Jambi, Semarang, Lampung, Silangit, Belitung, Padang, Balikpapan, Ambon, Lombok, Kupang, Pekanbaru, Bengkulu, Batam, dan Tasikmalaya.

Dari rute-rute tersebut, pada hari ini terdapat 71 kedatangan penerbangan yang dialihkan ke Soekarno-Hatta dari Halim Perdanakusuma.

"Soekarno-Hatta adalah bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, dan siap mendukung bandara mana pun terkait dengan operasional penerbangan demi tetap memberikan pelayanan penerbangan yang aman bagi masyarakat," ujar Agus Haryadi.

Sementara itu, di Halim Perdanakusuma saat ini PT Angkasa Pura II tengah melakukan upaya normalisasi runway. 

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Nandang Sukarna mengatakaan saat ini runway tengah dalam proses pengeringan dan pembersihan serpihan benda asing atau foreign object damage (FOD).

"Yang jelas, runway tidak akan dioperasikan apabila belum memenuhi prosedur dan safety level yang telah ditentukan. Kami sudah berkoordinasi dengan maskapai agar seluruh penerbangan dialihkan ke Soekarno-Hatta," ujar Nandang Sukarna. 

"Kami juga menyediakan bus gratis dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta bagi penumpang pesawat yang sudah terlanjur tiba di Halim Perdanakusuma."

Adapun maskapai yang beroperasi di Halim Perdanakusuma adalah Lion Air, Batik Air, dan Citilink untuk sejumlah rute tujuan. PT Angkasa Pura II mengimbau kepada penumpang pesawat agar memperhatikan informasi terbaru terkait dengan peralihan penerbangan dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan