Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Target Penjualan Dobel Digit di 2020, Hankook Tire Fokus Ban High Inch

Target Penjualan Dobel Digit di 2020, Hankook Tire Fokus Ban High Inch Kredit Foto: Hankook
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Hankook Tire Sales Indonesia (Hankook), perusahaan ban asal Korea Selatan, baru saja menggelar National Distributor Conference pada 9-11 Januari 2020 lalu di Nusa Dua, Bali. Acara ini merupakan agenda tahunan perusahaan, di mana Hankook mengundang seluruh distributor resmi produk Hankook untuk memaparkan rencana bisnis perusahaan di tahun 2020 serta kilas balik kinerja perusahaan di tahun 2019.

Dalam kesempatan ini, Hankook memperkenalkan jajaran manajemen baru yang akan memimpin bisnis Hankook di kawasan Asia Pasifik, Afrika, dan Timur Tengah, atau disebut APAM (Asia-Pacific, Africa, and Middle East), yaitu APAM Vice President Jeong Soo Kang, dan khususnya pemasaran Hankook di Indonesia yang akan dipimpin oleh President Director Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin.

Baca Juga: Hankook Dynapro AT2, Ban SUV Yang Senyap

President Director Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin, menyampaikan bahwa pada tahun ini Hankook akan memperkuat komitmen untuk memenuhi permintaan pasar domestik di Indonesia. Hankook akan menargetkan porsi persentase penjualan domestik menjadi dobel digit dari keseluruhan pangsa penjualan. Target ini meningkat di mana tahun lalu sebanyak 8% tersalur untuk pasar domestik.

"Tahun lalu, Hankook Tire Indonesia mampu mencapai peningkatan secara kualitatif berkat kepercayaan dan minat para pelanggan. Di tahun 2020 ini, kami berupaya mencapai pertumbuhan yang stabil melalui tiga langkah utama, yaitu pemilihan fokus produk pada segmen ban high-inch, perluasan jaringan distributor retail, dan peluncuran produk baru yang khususnya diperuntukkan untuk kendaraan SUV," jelas Yoonsoo Shin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Sepanjang tahun 2019, penjualan Hankook di pasar domestik meningkat lebih dari 20% secara kualitatif, atau secara pendapatan, dibandingkan penjualan tahun lalu. Terkait target di tahun 2020, Yoonsoo Shin mengungkapkan, perusahaan juga akan memperbanyak jaringan retail di berbagai kota.

Peningkatan target domestik yang dibidik Hankook berkaca dari kinerja positif perusahaan tahun lalu serta pergerakan industri ban nasional. Di tahun 2019, industri ban disebut-sebut mengalami stagnasi penjualan, khususnya di pasar domestik yang berimbas dari penjualan industri otomotif.

GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) menyebutkan bahwa penjualan wholesales mobil per November 2019 sebanyak 940,362 unit, cukup ketat untuk mengejar penjualan wholesales sepanjang tahun 2018 yang mencapai 1,151,308 unit. Daya beli masyarakat yang tengah lesu serta harga pasaran mobil yang cukup tinggi menjadi penyebab menurunnya permintaan terhadap mobil.

Namun, kondisi di atas tidak terlalu berpengaruh bagi Hankook yang mengandalkan lini replacement equipment atau komponen pengganti di Indonesia di tahun 2019. Melalui lini bisnis andalan di replacement equipment inilah, Hankook mampu bertahan dengan memasok produk ke distributor-distributor untuk konsumen retail.

Selain itu, Hankook juga terbilang aktif dalam menciptakan inovasi produk yang relevan dengan pasar Indonesia. Beberapa produk unggulan Hankook yang sudah beredar di pasaran antara lain Ventus Prime3 (K125), Kinergy Eco2 (K435), Optimo (H724), Dynapro AT2 (RF11), dan Dynapro MT2 (RT05).

Sampai dengan akhir tahun 2019, Hankook Tire Indonesia telah bermitra dengan 25 distributor resmi yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia, dari Sumatera, Jabodetabek, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, hingga Papua. Jaringan ini akan terus ditingkatkan di tahun 2020.

Setelah memperluas jaringan retail, rencana perusahaan selanjutnya adalah pemilihan fokus produk untuk memperkuat kehadirannya di pasar domestik. Mengusung penjualan prioritas di segmen ban high inch, Hankook menyebut produk ini cocok untuk tipe kendaraan kendaraan SUV (sport utility vehicle), off-road, dan kendaraan komersial seperti bus dan truk. Kendaraan dengan berat muatan ekstra tentu membutuhkan ban dengan kualitas material prima dengan diameter ring di atas 17 inch. Saat ini, produk Hankook untuk kategori ini di antaranya adalah seri DynaPro dan Ventus.

Menurut Hankook, opsi produk serta ketersediaan ban terhadap kategori kendaraan ini belum sebanyak ban berdiameter kecil yang umumnya diperuntukkan bagi kendaraan penumpang jenis MPV (multi-purpose vehicle) dan LCGC (low cost green car).

"Ban high inch akan menjadi salah satu produk unggulan kami di pasar dalam negeri. Kami melihat saat ini pemerintah Indonesia sedang sangat gencar melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah sehingga mobilitas kendaraan pendukung juga perlu diperhatikan salah satunya lewat penggunaan ban yang sesuai dengan kondisi jalan, beban muatan, dan lokasi. Hankook saat ini sudah berada di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia dan kami terus berekspansi ke kota-kota penyangga. Harapannya, produk kami bisa makin dikenal dan digunakan oleh masyarakat dengan segala jenis tipe kendaraannya," tutup Yoonsoo Shin.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: