Astronom Inggris Bakal Lakukan Penjelajahan Objek Antarbintang Oumuamua

Astronom Inggris Bakal Lakukan Penjelajahan Objek Antarbintang Oumuamua Kredit Foto: NASA
Warta Ekonomi, London -

Tim ilmuwan Inggris telah mengusulkan misi untuk menjelajahi Oumuamua. Oumuamua adalah objek pertama dari ruang antarbintang yang terlihat oleh para astronom menjelajahi tata surya.

"Kami sekarang tahu misi semacam itu, setidaknya secara prinsip, dapat dicapai," kata perwakilan Initiative for Interstellar Studies, Adam Hibberd.

Baca Juga: Cegah Virus Corona ke Luar Angkasa, Astronot Ikut Dikarantina

Misi yang diusulkan, yang oleh Initiative for Interstellar Studies disebut Proyek Lyra. Proyek ini akan menghadapi tantangan luar biasa, mulai dari logistik, keuangan, hingga fisika murni.

Oumuamua saat ini sedang meluncur mundur dari tata surya. Dan setiap tahun tambahan, ia menempuh jarak yang kira-kira sama dengan perjalanan dari Bumi ke Jupiter yang jauh dari kita.

Secara berlawanan, Hibberd dan rekan-rekannya mengusulkan menunggu untuk meluncurkan misi ke Oumuamua hingga tahun 2030. Menurut ilmuwan, saat itu merupakan saat di mana Jupiter akan berada dalam posisi untuk mendorong cepat misi ke arah objek yang jauh dengan kecepatan luar biasa.

Namun, selama 10 tahun sebelum misi tersebut, Hibberd mengatakan bahwa kita dapat melihat objek antarbintang yang lebih mudah diakses. Ini artinya sumber daya kemudian dapat dialihkan ke misi ruang angkasa yang berbeda.