Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Pivot Bisnis?

Apa Itu Pivot Bisnis? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pivot bisnis adalah sebuah aktivitas pengembangan bisnis dengan mengubah model bisnis itu sendiri, namun tetap berpijak pada visi bisnis yang dimiliki. Istilah ini diambil dari gerakan basket yang merubah arah dengan tetap berbijak pada salah satu kaki.

Hal ini dapat disamakan dengan meski mengubah arah atau strategi, namun tujuannya (visi) tetap memasukkan bola ke dalam keranjang.

Baca Juga: Dear Pelaku UMKM, Ini 3 Tips untuk Pertahankan Bisnis di Tengah Corona

Pivot bisnis biasanya terjadi ketika perusahaan membuat perubahan mendasar pada bisnis mereka setelah menentukan (biasanya melalui riset pasar) bahwa produk mereka tidak memenuhi kebutuhan pasar yang diinginkan.

Sebagaimana didefinisikan oleh sebuah buku berjudul "The Lean Startup" pivot adalah "Koreksi terstruktur yang dirancang untuk menguji hipotesis fundamental baru tentang produk, strategi, dan mesin pertumbuhan."

Perusahaan cenderung menjalani lebih banyak pivot pada tahap awal, karena mereka masih mengenal target pasar dan kebutuhannya. Perusahaan akan terus berputar ketika kebutuhan ini berubah atau perusahaan menemukan peluang baru untuk bisnis.

Baca Juga: Tokoh NU Bingung ke Presiden Jokowi: Untuk Apa Masih Ikutan Acara Relawan Begini...

Halaman:

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: