Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Permudah Belanja Kebutuhan Pokok, Grab dan Kementan Gandeng 6 Mitra Usaha

Permudah Belanja Kebutuhan Pokok, Grab dan Kementan Gandeng 6 Mitra Usaha Kredit Foto: Grab
Warta Ekonomi, Jakarta -

Grab bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) serta berbagai mitra usaha ritel besar untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan bahan pangan sehari-hari dapat terpenuhi dengan mudah melalui GrabExpress, yang siap mengantarkan ke rumah mereka. 

Nota Kesepahaman telah ditandatangani antara Kementan, Grab, dan enam mitra usaha di Indonesia, yakni PT CPI (Prima FreshMart), PT Japfa Comfeed Indonesia (Best Meat), PT Tri Putra Panganindo (Juragan Ayam), PT Cimory (Cimory), PT Indoguna (Indoguna), dan PT Agro Boga Utama (Meat n Fresh).

"Dampak Covid-19 tak hanya merugikan negara dari sisi kesehatan tetapi juga sektor perekonomian, termasuk pangan, di mana pertanian harus siap menjadi garda terdepan melawan Covid-19. Dalam mengatasi pandemi ini dibutuhkan kebersamaan dan peran serta seluruh elemen masyarakat. Memastikan pasokan pangan dalam masa pandemi seperti ini penting dalam melawan Covid-19 di Indonesia," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/4/2020).

Baca Juga: Kementan Gandeng Blibli, Akses Bahan Pokok Makin Gampang

Para mitra usaha--perusahaan penyedia daging sapi, ayam, ikan, susu dan juga produk lainnya--akan memanfaatkan platform digital Grab untuk memastikan produk mereka yang bervariasi tersedia bagi pelanggan Grab, dengan pengiriman yang menjangkau berbagai provinsi di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Bali, dan Sulawesi Selatan dengan layanan GrabExpress.

Melalui naungan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan yang mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang peningkatan populasi dan produksi ternak serta kesehatan hewan, kerja sama ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan termasuk daging, ayam, ikan, susu dan produk jadi lainnya bagi pelanggan yang saat ini tinggal di rumah.

Dengan memanfaatkan layanan belanja berbasis online yang didukung oleh armada Grab yang tersebar di Indonesia, kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi, terutama menyambut Hari Besar Keagamaan, termasuk Ramadan.

Adapun skema layanan yang disediakan oleh Grab mencakup:

GrabMart: Beberapa toko Mitra Usaha akan terdaftar sebagai Mitra Usaha di GrabMart, dan konsumen di Jakarta, Bogor, Depok, dan sekitarnya dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab mereka.

GrabExpress Nalangin: Alternatif lainnya, konsumen di Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Bali dapat memesan melalui toko Mitra Usaha melalui GrabExpress Nalangin kemudian toko tersebut akan menyiapkan pesanan dan mengirimkannya via GrabExpress.

Mitra Pengantaran akan membayarkan biaya belanjaan terlebih dahulu kepada Mitra Usaha, dan pelanggan dapat langsung mengganti biaya tersebut kepada Mitra Pengantaran saat barang diterima. Tersedia juga layanan GrabExpress Nalangin Car yang akan melayani pelanggan dengan armada GrabCar untuk belanjaan dalam jumlah besar.

Baca Juga: Salut! Lawan Corona, Grab Lakukan Hal Ini untuk Para Mitranya

Pemesanan via WhatssApp: Mitra Usaha yang memiliki akun Grab for Business sehingga konsumen dapat memesan lewat WhatsApp dan kemudian memilih pilihan pengiriman via GrabExpress. Fitur ini akan tersedia di 234 kota di Indonesia. Beberapa mitra swalayan yang menawarkan layanan ini termasuk Giant, Indomaret, Ranch Market, Farmer’s Market, Carrefour/Transmart, dan lainnya.

Seluruh pihak yang terlibat akan menyinergikan segala sumber daya, sarana, dan prasarana yang dimiliki agar rantai distribusi tetap berjalan dengan lancar melalui aplikasi Grab dan/atau layanan lainnya yang disediakan Grab. Dengan GrabExpress, konsumen dapat memeroleh barang belanjaan mereka pada hari itu juga.

Kementan akan memfasilitasi pengiriman yang lebih cepat dengan menyediakan pusat distribusi di area Kementan. Berbagai lokasi tambahan akan disiapkan untuk masing-masing Mitra Usaha. Dengan menambah titik distribusi, konsumen dapat memeroleh barang belanjaan mereka dengan lebih cepat karena lokasi pusat distribusi lebih dekat.

"Untuk mendukung upaya ini, kami telah bergandengan tangan dengan Kementan dan berbagai Mitra Usaha untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses produk pangan dari rumah mereka masing-masing," ujar Ridzki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: