Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Ayam Peternak Anjlok, Kementan Langsung...

Harga Ayam Peternak Anjlok, Kementan Langsung... Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Surabaya -

Pemerintah berencana memfasilitasi pembelian ayam dari para peternak yang terdampak Covid-19. Langkah ini diharapkan dapat meringankan beban mereka, kata Wemmy Niamawati, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (18/4/2020).

Hal ini disampaikan Wemmy menindaklanjuti informasi adanya peternak di Madiun yang membagikan ayam hidup ke masyarakat karena anjloknya harga ayam ras broiler sampai Rp6.000 per kg. Petugas Dinas Peternakan Jawa Timur langsung memastikan informasi tersebut. 

Wemmy menegaskan bahwa saat ini Dinas Peternakan Jawa Timur terus berkoordinasi dengan Kementan dan pihak terkait untuk mengatasi permasalahan harga ayam hidup di peternak. 

Baca Juga: China Marah Besar Dituding Tutup-tutupi Jumlah Kematian Covid-19 Sebenarnya

Untuk mengatasinya penurunan harga jual di tingkat peternak, Kementan maupun Pemprov Jawa Timur melakukan berbagai terobosan, dengan memperkuat penjualan online bersama operator aplikasi, seperti TaniHub, ataupun bermitra dengan perusahaan transportasi online.

"Penyebab rendahnya harga ayam pedaging di tingkat peternak, akibat kelebihan pasokan karena menurunnya permintaan pasar terkait wabah Covid-19 ini," katanya.

Pasokan berlebih ini juga diperberat dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga terjadi gangguan dalam distribusi ke Jabodetabek. Hal yang sama juga terjadi pada provinsi sentra ayam lainnya, seperti Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: