Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

XL Axiata Perkuat Jaringan Data Sediakan Program Ramadan-Lebaran di Rumah

XL Axiata Perkuat Jaringan Data Sediakan Program Ramadan-Lebaran di Rumah Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah Indonesia. Penguatan jaringan data ini terus dilakukan seiring dengan meningkatnya trafik penggunaan layanan data karena makin banyaknya aktivitas masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

"Demi memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode Ramadan dan sekaligus berdiam di rumah terkait Covid-19, kami telah meningkatkan kapasitas jaringan data hingga 2x lipat," kata Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata, Dian Siswarini, dalam video conference yang digelar XL, Rabu (22/4/2020).

Baca Juga: Bos XL Axiata Siapkan Duit Setengah Triliun Buat Ambil Saham di Masyarakat

Dian menambahkan, saat ini beberapa area mengalami peningkatan trafik data yang relatif merata seperti regional Sumatera sekitar 15,9%; regional Jabodetabek dan sebagian Kalimantan 15,8%; regional sentral: Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sebagian Kalimantan 15,5%; east: Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan sekitarnya 15,8%. Dari pola penggunaan data dan aplikasi, layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66%, instant messaging 16%, social network 11,5%, dan lain-lain sekitar 6,5%.

Secara keseluruhan, selama periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (SFH), untuk trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18% dari kondisi normal, sedangkan untuk layanan XL Home peningkatan trafik sekitar 20% dari kondisi normal. Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota/wilayah khususnya di wilayah perumahan/residensial.

XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan di berbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19 seperti RS rujukan, RS darurat, pemukiman/residensial, dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.

Beberapa program promo yang akan dijalankan selama Ramadan seperti untuk pelanggan XL prabayar adalah fitur Xtra Unlimited TURBO yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan. Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL dan saat ini sedang berlangsung promo diskon harga hingga 75%.

Bagi pelanggan non-XL yang ingin mencoba bisa membeli Kartu Perdana XL yang sudah dilengkapi dengan fitur Xtra Unlimited TURBO melalui website www.xl.co.id yang saat ini sedang berlaku promo gratis ongkir serta didukung oleh partner Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com. Tersedia juga paket Xtra Kuota Ramadan terdiri dari Paket Sahur, pukul: 03.00-05.00 WIB, mulai dari Rp2.500 dan Paket Ngabuburit, pukul: 15.00 – 17.00 WIB, mulai dari Rp3.500.

Bagi pelanggan AXIS, tersedia Paket AXIS berupa Paket Warnet 1GB 1 Jam cuma Rp490; Paket Sahur 2GB 7 hari cuma Rp5.500 (paket ini dapat digunakan pada jam 00-05.59 WIB); dan Paket Bedug 7 hari cuma Rp5.500 (paket ini dapat digunakan pada jam 17-19.59 WIB). Paket tambahan, pelanggan bisa melakukan Metode Pembayaran OVO hanya berlaku untuk pembelian paket di aplikasi AXISnet dan pelanggan bisa melakukan donasi untuk Covid-19 melalui UMB *123*6116# dan SMS.

Sementara itu, pelanggan pascabayar XL Prioritas bisa menikmati manfaat promo diskon plan bulanan dan booster bagi pelanggan baru dan promo diskon booster, upgrade plan, dan bonus kuota kepada pelanggan setia. Promo-promo tersebut bisa didapat melalui pendaftaran di XL Center, Promo Diskon 30% myPRIO ditambah Booster komplit hingga 12 bulan, dan isi pulsa PRIO Flex minimal Rp50.000 dapat bonus kuota 5GB.

Melalui Website atau WhatsApp Bussiness di nomor 0818-8000-55 untuk mendapatkan promo pendaftaran Diskon 30% myPRIO ditambah Booster komplet hingga 12 bulan dan Bonus Kuota 9GB untuk 3 bulan (3GB/bulan). Kemudian promo melalui myXL Postpaid, pelanggan akan mendapatkan Diskon 15% Booster Data & Voice dan Diskon 15% untuk Upgrade Plan ditambah lagi isi pulsa PRIO Flex minimal Rp50.000 dapat bonus kuota 5GB.

Tidak ketinggalan, layanan XL Home juga menyediakan program khusus Ramadan berupa Paket Ramadan Full Faedah dengan XL Home, paket promo IDR 299rb/bulan dengan kecepatan hingga 100Mbps yang dikemas dengan XL HOME Entertainment Box sehingga pelanggan bisa menikmati tayangan hiburan lokal dan kelas dunia dari Vidio, Netflix, iflix, dan banyak pilihan lainnya, harga sudah termasuk sewa perangkat dan instalasi, priode promo 25 April–31 Mei 2020. Untuk pelanggan setia, XL Home SuperBooster memberikan upgrade kecepatan internet sementara hingga 1Gbps, dengan pilihan durasi dari 1 minggu hingga 1 bulan, harga mulai Rp70.000. Pelanggan bisa mengunjungi www.xlhome.co.id atau hubungi CS di 820.

Kemudian yang saat ini masih berlangsung, program gratis akses data 2GB/hari dengan mengaktifkannya melalui aplikasi myXL, myXL Postpaid, atau Axisnet. Gratis 2GB/hari bisa pelanggan manfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu aktivitas belajar atau bekerja dari rumah.

Baca Juga: Sepekan Penerapan Kerja dan Belajar dari Rumah, Trafik Data XL Axiata Naik 10%

Plt Chief Techology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, mengatakan, "XL Axiata juga telah menyalurkan dalam bentuk dana sebesar Rp10 miliar melalui BNPB. Selanjutnya, dari Rp10 milliar tersebut sudah disalurkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebesar Rp5 miliar dan Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp5 miliar, serta Rp800 juta dalam bentuk APD yang disalurkan ke berbagai rumah sakit penanganan Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya."

Lanjutnya, saat ini, XL Axiata juga membuka layanan SMS Donasi dengan cara menghubungi *123*6116# pilih XLBerbagi_COVID-19 dan masukkan nominal pulsa yang ingin didonasikan. Nominal donasi mulai dari Rp1.000 hingga Rp200.000. Hasil pengumpulan donasi pulsa pelanggan akan disalurkan untuk membantu tenaga medis Indonesia.

Gede menambahkan, selama Ramadan dan lebaran, pihaknya memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik layanan dibandingkan hari-hari biasa (normal). Untuk layanan data perkiraan akan meningkat sekitar 15%-20%, sedangkan untuk layanan percakapan sekitar 5% dan untuk layanan SMS trafiknya relatif stabil. Berdasarkan data trafik lebaran tahun sebelumnya, umumnya kenaikan trafik akan terjadi di Kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, dan Lombok.

Jumlah pelanggan XL Axiata saat ini mencapi lebih dari 56 juta pelanggan dengan dukungan jaringan data 4G yang tersebar hingga pelosok-pelosok Indonesia. XL Axiata memiliki lebih dari 130 ribu BTS, termasuk lebih dari 54 ribu BTS 3G dan lebih dari 40 ribu BTS 4G. Saat ini layanan 4G XL Axiata juga sudah hadir di lebih dari 425 kota/kabupaten di Indonesia. Jaringan XL Axiata juga ditopang fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km yang membentang dan menghubungkan berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: