Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strategi Baru Chilibeli Lawan Covid-19 Selama Ramadan

Strategi Baru Chilibeli Lawan Covid-19 Selama Ramadan Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform social commerce Chilibeli menerapkan beberapa strategi baru dalam menghadapi pandemi Covid-19 di tengah suasana Ramadan.

Kendala pertama yang sungguh terasa adalah melambatnya pertumbuhan lini usaha HoReCa (Hotel Restaurant Café) yang merupakan lini usaha B2B (business to business) Chilibeli. Hal ini memengaruhi angka pasokan menjadi berlebih, khususnya untuk beberapa sembako.

Baca Juga: Chilibeli Raih Penghargaan Startup Bahan Pokok Terbaik dari Tracxn

"Walaupun suasana dan kondisi perayaan Lebaran tahun ini sungguh berbeda karena PSBB dan imbauan penundaan mudik, kami terus memonitor dan mengikuti perkembangan harga-harga produk sembako populer dan akan mengikuti harga pasar. Kami memang melihat bahwa pada minggu lalu, harga naik, tetapi tetapi tren harga bahan pangan untuk saat ini cenderung menurun," ujar Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications Chilibeli, dalam video conference, Kamis (14/5/2020).

Manajemen dengan sigap memperkuat jaringan Mitra dan Sahabat di Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan, serta melebarkan sayap dengan membuka komunitas Mitra baru di Surabaya guna mendorong penjualan pasokan lebih tersebut. Kemudian, dengan PSBB, kegiatan komunitas pun tertunda.

Oleh karena itu, Chilibeli menggencarkan strategi akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial sehingga berhasil menjaring ratusan Mitra baru. Strategi baru tersebut memampukan perusahaan untuk mencapai lebih banyak Mitra dibandingkan sebelumnya, dengan puluhan Mitra baru pada batch perdana dari kota Surabaya.

Sementara, bagi masyarakat yang telah menjadi Mitra dan Sahabat, kendala berikutnya adalah penutupan akses mandiri ke berbagai pemukiman Mitra sehingga pesanan terlantar. Tantangan ini dipecahkan dengan memperbarui aplikasi dan situs Chilibeli.id, di mana sekarang produk pesanan Sahabat dapat langsung diantarkan ke rumah Sahabat yang akses perumahannya tidak ditutup.

Setelah PSBB selesai dan Chilibeli dapat beroperasi kembali seperti semula, ada beberapa rencana usaha yang menjadi prioritas perusahaan, yaitu perbaikan mutu rantai pasok, pengelolaan logistik, ketanggapan tim, serta terus mendorong pengalaman pengguna aplikasi Chilibeli agar makin cerdas dan intuitif.

"Berdasarkan beberapa studi yang kami terima, kami melihat bahwa akan adanya perubahan perilaku konsumen untuk menjadikan gaya belanja online sebagai salah satu pilihan berbelanja efisien dan efektif. Terutama bagi konsumen sibuk dengan berbagai peran di dalam rumah tangga, mereka akan mempertimbangkan dan melirik gaya belanja online sebagai sebuah solusi cerdas dalam kesibukan hidup mereka," pungkas Yumir.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: