Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bertahan di Tengah Pandemi, Atur Kesehatan Keuangan dengan Cara Ini

Bertahan di Tengah Pandemi, Atur Kesehatan Keuangan dengan Cara Ini Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mengelola keuangan saat pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi sejumlah masyarakat karena membutuhkan cara yang berbeda dari yang biasa dilakukan.

Melakukan langkah-langkah kecil secara finansial seperti menabung dan melakukan investasi adalah cara yang dapat dilakukan untuk bisa mempersiapkan skenario keuangan pascapandemi Covid-19.

Firsan Nova, CEO Nexus Risk Mitigation and Strategic Communication, mengatakan masyarakat harus mulai mengelola tabungan secara bijak. Pada situasi seperti ini, masyarakat perlu memperketat pengelolaan uang di tabungan dan sebisa mungkin simpan tabungan tersebut di bank.

Baca Juga: Dihantam Pandemi Covid-19, Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Masih Terjaga

"Disarankan untuk tidak mengambil semua tabungan di bank guna meminimalisasi pengeluaran yang tidak diperlukan. Rencanakan dana tabungan untuk bertahan sampai waktu yang lebih panjang sekitar enam bulan hingga satu tahun," ungkap Firsan.

Pada masa pandemi ini, menurutnya, masyarakat Indonesia cenderung lebih berhati-hati dalam mengatur keuangan dan memilih menyisihkan lebih banyak pendapatannya untuk ditabung.

Data Bank Indonesia menunjukkan, pada Maret rata-rata porsi pendapatan masyarakat yang digunakan untuk konsumsi adalah 69%. Turun dibandingkan Februari yaitu 69,2%. Sementara porsi pendapatan yang disisihkan untuk menabung naik dari 18,1% menjadi 18,6%. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum masyarakat sudah mengurangi biaya untuk berbelanja dan memilih untuk menabung.

Di sisi lain, melalui pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1  Tahun 2020 menjadi Undang-Undang, LPS diberikan beberapa wewenang tambahan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, serta menjamin tabungan milik masyarakat yang disimpan di perbankan akan tetap aman meski di tengah pandemi virus corona.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan