- Home
- /
- New Economy
- /
- Energi
Usai Bos PLN, Kini Giliran Bos Pertamina Tanggapi Skenario Protokol 'The New Normal'
PT Pertamina (Persero) mulai mempersiapkan diri menyusun protokol The New Normal untuk perlindungan operasional kepada pekerja, pelanggan, mitra, dan pemasok selama bekerja baik di dalam maupun di luar wilayah operasi.
Diketahui, hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut arahan Menteri BUMN melalui surat nomor S-336/MBU/05/2020 pada 15 Mei 2020 perihal Antisipasi Skenario The New Normal BUMN.
Baca Juga: Pandemi Bawa Kondisi 'The New Normal', Hadapi dengan 3 Inisiatif dari Kemenkominfo
"Pertamina sedang mempersiapkan penyusunan protokol untuk mengantisipasi skenario The New Normal di seluruh lini kegiatan operasional baik di hulu, pengolahan, distribusi, hingga pelayanan di SPBU di seluruh Indonesia," ujar Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, di Jakarta (18/5/2020).
Pada skenario yang akan dimulai pada tanggal 25 Mei 2020 mendatang, Pertamina menyiapkan protokol yang akan mengatur langkah-langkah dan tahapan yang akan diterapkan Pertamina, di antaranya terkait kewajiban penggunaan masker, sterilisasi lingkungan kerja, maupun pemeriksaan kesehatan dan tracking kondisi pekerja.
Juga terkait pengaturan kehadiran pekerja di kantor dan di daerah operasi, pengaturan pertemuan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi dan digitalisasi maupun pengaturan pelayanan kepada pelanggan dengan physical distancing, juga mendorong penggunaan digital payment melalui aplikasi MyPertamina.
Sampai saat ini, Pertamina tetap fokus menerapkan protokol yang ketat di seluruh wilayah operasi untuk memastikan kesehatan pekerja dan stakeholder lainnya serta memitigasi agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di area operasi Pertamina. Penerapan protokol tersebut diawasi oleh Satgas Covid-19 Pertamina yang telah terbentuk sejak Maret lalu.
"Sesuai arahan Menteri BUMN, Pertamina akan terus mendukung langkah-langkah strategis pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Kami juga siap melakukan berbagai penyesuaian dari aspek manusia, proses bisnis, dan teknologi untuk memastikan pelayanan BBM dan LPG kepada masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian Indonesia," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Puri Mei Setyaningrum