Beragam Platform Online Tunjang Produktivitas di Era New Normal
PT Kawan Lama Sejahtera memaksimalkan platform digital yang dimiliki untuk menjaga produktivitas di era new normal. Aktivitas digital yang dilakukan seperti sharing session berbentuk seminar online yang berhubungan dengan dunia industrial, mulai dari otomotif, machinery, measuring, packaging, cleaning, dan lainnya.
Selain itu, Kawan Lama hadir lewat platform digital, Podcast (rekaman audio) sebagai media komunikasi, yang dapat diakses via Spotify dan akun media sosial Kawan Lama Sejahtera. Episode perdananya berjudul How to face New Normal in Workplace?
Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera, mengatakan, implementasi new normal akan membawa pada perubahan cara berpikir dan cara kerja. Yang sekarang Kawan Lama lakukan ialah memanfaatkan platform digital sebagai media komunikasi, baik untuk internal dan eksternal.
Baca Juga: PUPR Gelontorkan Rp429 Miliar Bangun Sarana Hunian Pariwisata
"Oleh sebab itu digital marketing juga kita perkuat. Serta infrastruktur digital meeting juga kita manfaatkan," ujar Tony.
Menurutnya, memaksimalkan ruang digital sebagai wadah edukasi dunia industri dapat memberi informasi sekaligus kemudahan berinteraksi antara Kawan Lama dengan para pelaku bisnis. Aktivitas digital tersebut diharapkan juga mendukung pemulihan sektor-sektor yang terdampak pandemi melalui edukasi dari para praktisi. Dengan demikian, dapat meningkatkan produktivitas, dan keamanan dalam beraktivitas pun terjamin.
Perubahan pola konsumsi digital sejak masa pandemi akan menghasilkan perubahan baru pada perekonomian Indonesia, terutama dalam ekonomi digital, yakni mempercepat transformasi ekonomi Indonesia. Melihat hal tersebut, infrastruktur digital akan terus menjadi dukungan utama bagi sebagian besar kegiatan produktif di masyarakat.
Secara internal Kawan Lama menerapkan protokol kesehatan sesuai standar di area kerja dengan memeriksa suhu tubuh menggunakan infrared thermometer dan thermal scanning, mewajibkan karyawan memakai masker, menyediakan hand sanitizer, serta fasilitas cuci tangan yang memadai, serta penyemprotan disinfektan di seluruh area kerja secara berkala. Penerapan physical distancing juga dilakukan, seperti pembagian kelompok kerja karyawan, serta pembatasan jumlah orang di dalam lift.
Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, tim service center Kawan Lama juga menggunakan APD sesuai dengan standar operasional industri dan menerapkan protokol kesehatan, serta dilengkapi dengan surat tugas dan surat keterangan sehat untuk menunjang protokol kesehatan dari pemerintah.
Untuk memastikan karyawan bebas Covid-19, seluruh karyawan Kawan Lama sudah menjalani rangkaian rapid test.
"Kita menyadari Covid-19 ini masih ada di sekeliling kita. Maka dari itu, menyambut new normal lebih baik kita bersiap diri supaya proses bisnis tetap berjalan. Tentunya, yang terutama kesehatan harus dipersiapkan dengan baik," tutup Tony.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: