Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bos AP II Tak Putus Asa, Penerbangan Nasional Masih Ada Asa

Bos AP II Tak Putus Asa, Penerbangan Nasional Masih Ada Asa Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memperkirakan pergerakan penerbangan domestik akan kembali normal pada pertengahan 2021, sedangkan industri penerbangan global baru bisa pulih pada 2023.

"Kita punya asumsi berdasarkan ICAO dan IATA, trafik internasional kembali normal sekitar pertengahan 2023, paling cepat akhir 2022. Kalau kita bicara Indonesia sedikit berbeda karena Soekarno-Hatta ini hub domestik, trafik domestik sangat tinggi. Mudah-mudahan doa kita semua paling tidak trafik domestik sampai pertengahan tahun depan sudah seperti tahun lalu," ujar Awaluddin dalam diskusi daring, Kamis (16/7/2020).

Awaluddin menjelaskan bahwa hal itu bergantung bagaimana masyarakat dan seluruh pihak menyikapi pandemi Covid-19 dan kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Garuda Terancam Tutup Usia, Maskapai Dunia Juga Menderita Kok

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, kata dia, langkah-langkah yang bisa dilakukan agar industri penerbangan, terutama bisnis di bandara tetap berjalan, yakni dengan memanfaatkan slot penerbangan, mengaktifkan rute atau destinasi baru, dan memperbanyak frekuensi.

"Bagaimana memaksimalkan utilisasi slot tugasnya bandara, alat produksi di bandara bagaimana suplai transportasi udara disiapkan. Kalau siap, kemudian bicara demand (permintaan), ini ada di teman-teman maskapai. Kita akan dorong bagaimana menambah frekuensi terbang. Sebelumnya harus ada kesiapan rute-rute destinasinya. Masih banyak rute yang sebelumnya diterbangi sekarang dalam cancelled operation bisa karena kesiapan bandara di sana belum siap," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan untuk menarik permintaan, baik pihak bandara maupun maskapai, wajib menjamin kepada calon penumpang bahwa penerbangan aman dari infeksi virus.

"Satu hal bagaimana pelaku industri ini menggelorakan safe travel campaign. Orang harus bisa bepergian, melaksanakan tugas-tugasnya dengan jaminan traveling mereka safe. Operasi-operasi di bandara harus menjaminkan kegiatan yang aman, bagaimana di bandara sangat ketat mengatur physical distancing, sanitizing, hygiene, terbebas dari banyak hal tertransmisinya virus. Bandara harus menjadi titik yang tidak memiliki risiko," ucap Awaluddin.

Awaluddin menambahkan bahwa upaya tersebut tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada sinergi, baik itu pemangku kepentingan, seperti Kemenhub, Kemenkes, maupun mitra seperti maskapai dan operator navigasi penerbangan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: