Komitmen DBS Bank untuk menyediakan layanan bagi nasabah berdasarkan atas prinsip Live More, Bank Less membuahkan hasil yang manis dengan tiga penghargaan tingkat internasional pada paruh pertama tahun 2020, terutama di tengah pandemi Covid-19.
Prinsip ini adalah kunci bagi Bank DBS Indonesia dalam menyongsong masa depan perbankan serta tetap memberikan kemudahan bagi nasabah. Digitalisasi menjadi makin relevan karena nasabah diharapkan dapat menyelesaikan urusan finansialnya dari rumah demi menjaga kesehatan.
Baca Juga: Adaptasi Kebiasaan Baru, Digibank by DBS Punya Dua Fitur Baru
"Adalah kehormatan bagi kami untuk menerima tiga penghargaan tingkat internasional. Prestasi yang membanggakan ini adalah pengakuan atas kerja keras tim dalam menjaga kinerja Bank DBS Indonesia, khususnya ketika dunia harus terus menghadapi penyebaran virus corona sehingga kita harus menerapkan protokol kesehatan; dari budaya kerja hingga peningkatan kualitas infrastruktur," kata Paulus Sutisna, Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (3/8/2020).
Upaya digitalisasi Bank DBS Indonesia, lanjut Paulus, memungkinkan mereka dengan cepat beradaptasi dan siap memasuki era normal yang baru (new normal). Dengan kapabilitas digital baik untuk nasabah korporasi maupun nasabah individual, DBS mampu memberikan pengalaman perbankan yang lengkap, mudah, praktis dan tanpa hambatan kepada nasabah di mana saja.
"Didukung teknologi dan infrastruktur yang kuat serta budaya kerja yang pruden, karyawan dapat dengan mudah bekerja dari rumah atau pun di kantor dengan aman guna mendukung kebutuhan perbankan harian nasabah," terang Paulus menambahkan.
Pandemi Covid-19 memengaruhi kehidupan dan segala sektor bisnis di seluruh dunia. Sebagai lembaga keuangan yang menjalankan praktik bisnis dan perbankan secara bertanggung jawab, Bank DBS Indonesia mampu membuktikan eksistensi di masa pandemi. Bank DBS Indonesia berhasil menyabet berbagai penghargaan bergengsi, bahkan ketika lebih dari 50% staff Bank DBS Indonesia bekerja dari rumah.
Adapun penghargaan yang berhasil diraih adalah:
1. The World's Best Banks 2020 oleh Forbes
Perusahaan media global Forbes menganugerahi Bank DBS Indonesia di peringkat kedua World's Best Banks 2020 dari 14 bank besar di Indonesia. Bermitra dengan perusahaan riset pemasaran Statista, Forbes menerbitkan daftar World’s Best Banks keduanya di tahun 2020. Sejumlah 450 institusi perbankan di dunia mendapatkan penghargaan ini berdasarkan survei kepada lebih dari 65.000 nasabah di 23 negara terkait perbankan yang digunakan.
Di tahun 2019, Bank DBS Indonesia menduduki peringkat kesepuluh pada World's Best Bank tahun pertama, kemudian dengan cepat naik ke peringkat kedua dalam kurun waktu satu tahun. Forbes dan Statista memberikan penghargaan kepada perbankan yang mampu membangun dan menjaga reputasi dalam jangka panjang dan melihat kebutuhan nasabah saat ini seperti kemampuan perbankan digital, teknologi pembayaran digital, dan aplikasi perbankan digital dalam smartphone.
Dengan mempertimbangkan seluruh layanan yang ditawarkan, Forbes dan Statista mengakumulasi penilaian terhadap perbankan yang dibagi menjadi tiga, yaitu komplimen (30%), tingkat kepuasaan (30%), dan lima kriteria (40%) termasuk kepercayaan (trust), syarat & ketentuan (terms & condition), pelayanan konsumen (customer service), layanan digital (digital services), dan nasihat keuangan (financial advice). Hasil survei yang menyatakan nasabah di Indonesia memberikan atensi tertinggi pada faktor kepercayaan dan layanan digital menandai peningkatan peringkat Bank DBS Indonesia terjadi berkat keunggulan digitalisasi yang turut meningkatkan kepercayaan nasabah.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: