Facebook meluncurkan layanan video pendek serupa TikTok di platform Instagram di lebih dari 50 negara dunia. Namanya Reels.
Peluncuran Reels terjadi beberapa hari setelah Microsoft mengumumkan negosiasi untuk membeli TikTok di Amerika Serikat (AS) dari tangan ByteDance.
Artinya, debut Reels meningkakan kompetisi sengit antara Facebook dan TikTok. "Reels pertama kali diuji di Brasil pada 2018, lalu layanannya dirilis di Prancis, Jerman, dan India," lapor Reuters, Jumat (7/8/2020).
Baca Juga: Siap-Siap! Facebook dan TikTok Juga Wajib Bayar Ppn 10% Mulai ...
Baca Juga: AS Blokir TikTok dkk, China Murka ke Trump dan Jajarannya
Mirip dengan TikTok, pengguna Reels bisa merekam video vertikal berdurasi pendek, lalu menambahkan efek dan musik. Kesamaan itu membuat Bos TikTok, Kevin Mayer menyebut Reels sebagai imitasi TikTok.
Ia menambahkan, "produk tiruan TikTok lain (dari Facebook), Lasso, gagal dengan cepat."
Facebook juga menghadapi tuduhan serupa pada sidang Kongres tentang dugaan peniruan fitur Snapchat di Instagram; mendorong monopoli di pasar.
Namun, Wakil Presiden Produk Instagram membantah adanya penjiplakan fitur. Menurutnya, inspirasi produk bisa datang dari mana saja.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna