SEO menjadi topik yang banyak dibicarakan hari ini. Pencarian Google untuk kata kunci "SEO" menghasilkan hampir 500 juta hasil. Banyak dari informasi tersebut sudah usang dan tidak relevan dengan kebutuhan seorang pemula yang mencoba mendapatkan sebuah keberhasilan dengan mudah.
Mendominasi di halaman pencarian adalah impian bagi seorang pemasar digital. Terlepas dari opini lain, berada di halaman kedua hasil pencarian bukan berarti Anda tidak bisa untuk mempublikasikan sebuah konten yang hebat. Terkadang hal ini hanya memberikan bukti bahwa industri tersebut sangat kompetitif.
Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Anda perlu untuk memahami cara kerja dari SEO sehingga dapat membantu Anda dalam meraih kesuksesan. Untuk itu, mari simak tulisan berikut ini.
Baca Juga: Apa Itu SEO?
Faktanya, 75% pengguna internet cenderung untuk melewati laman pertama hasil penelusuran. Iklan berbayar juga tidak akan menjamin kesuksesan pemasaran Anda. Banyak cara yang dipertaruhkan untuk bisa menempati posisi teratas di halaman pencarian.
Semakin banyak bisnis yang menyadari betapa pentingnya situs web mereka sebagai aset bisnis, sehingga menimbulkan persaingan yang cukup sulit. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa teknik dasar SEO berikut:
1. Riset & Gunakan Kata Kunci yang Relevan
Kata kunci adalah dasar dari strategi SEO yang sukses. Ketika calon pelanggan Anda menggunakan mesin telusur, apa yang sedang mereka telusuri? Ada beberapa alat dan strategi yang dapat kita gunakan disini untuk mendapatkan pilihan kata kunci yang baik.
Melakukan brainstorming potensi kata kunci. Di sini Anda hanya menuliskan semua yang relevan dengan bisnis, seperti apa yang harus dilakukan, layanan yang ditawarkan, dan lokasi tempat menawarkan layanan tersebut. Setelah memiliki semua elemen ini, Anda dapat menggabungkan apa yang harus dilakukan untuk membentuk daftar kata kunci pokok.
Gunakan alat penelitian kata kunci. Ada sejumlah alat penelitian kata kunci di luar sana yang dapat membantu Anda mengidentifikasi kata kunci baru. Google memiliki alat yang merupakan bagian dari layanan PPC iklannya.
Cari kata kunci pilihan Anda. Ketika Anda mencari kata kunci pilihan, Anda dapat melihat saran di bilah pencarian saat Anda mengetik kata kunci tersebut. Selain itu, terdapat juga daftar kata kunci yang disarankan di bagian bawah halaman.
2. Optimalkan Deskripsi Meta & Judul Halaman
Setelah Anda memiliki daftar kata kunci, maka Anda harus mengoptimalkan judul halaman situs Anda. Perhatikan bahwa ini adalah elemen
Anda juga perlu memasukkan kata kunci ke dalam judul halaman dengan cara yang alami. Anda harus ingat bahwa judul halaman adalah apa yang ditampilkan dalam hasil pencarian sehingga hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan dengan jelas tentang apa halaman itu dan membujuk pengguna untuk mengklik laman situs Anda.
Jika memungkinkan, Anda bisa memasukkan apa, di mana, dan siapa. Kata kuncinya adalah apa, lokasinya di mana, beserta nama bisnis Anda untuk keperluan branding. Di dunia yang ideal, Anda menginginkan kata kunci di awal judul untuk membantu klik-tayang dan untuk potensi peningkatan peringkat. Penggunaan judul halaman yang baik akan meningkatkan performa SEO Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: