Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Solusi Data Warehouse: Kecepatan dalam Keputusan Strategis yang Berbuah Manis

Solusi Data Warehouse: Kecepatan dalam Keputusan Strategis yang Berbuah Manis Kredit Foto: Datascrip
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penggunaan sistem komputer di berbagai bidang menghasilkan data yang melimpah. Pengambilan berbagai keputusan penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi, bergantung pada data yang terkumpul ini. Namun masalahnya, data berukuran besar yang dihasilkan tersebut tersebar di mana-mana sehingga menyulitkan ketika akan mengolah maupun menganalisisnya.

Untuk mengatasinya, diperlukan data warehouse alias gudang data, dimana data disini mengacu pada data transaksi. Seperti namanya, data warehouse ibarat gudang tempat penyimpanan informasi dan data umumnya transaksi yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan disimpan dalam skema terstruktur. Dengan demikian, keberadaan data warehouse sangat strategis membantu dalam mengambil keputusan manajemen sebuah perusahaan atau organisasi. 

Menurut Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions, penyedia jasa solusi teknologi informasi (TI) berbasis Open Source, data warehouse memungkinkan organisasi atau perusahaan bisa dengan mudah dan cepat mengambil keputusan strategis, dari analisis menyeluruh dengan set data yang besar, semakin besar set-data yang digunakan akan semakin akurat dukungannya untuk pengambilan keputusan baik strategis maupun taktis.

Keputusan penting yang diambil sebuah organisasi atau perusahaan harus berdasarkan data dan fakta. Hal ini tidak bisa dilakukan jika datanya terpencar sehingga sulit dikonsolidasi untuk membangun hubungan data dan fakta yang insightful. Data warehouse yang memiliki kemampuan Massive Parallel Processing (MPP) dan skalabilitas yang lebih fleksibel memungkinkan tercapainya hal tersebut.

"Sebagai aset, data warehouse MPP bermanfaat dalam menyediakan data dan pelaporan yang lengkap, cepat dan akurat. Memudahkan perusahaan atau organisasi memiliki pandangan secara menyeluruh terhadap bisnis mereka, serta memberi dasar justifikasi yang lengkap bagi pengambil keputusan dengan menyediakan informasi yang komprehensif  sehingga keputusan lebih akurat," tambahnya, Rabu (14/10/2020). 

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: