Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Cara BI Dorong Komoditas Kopi Tanah Air Mendunia

Begini Cara BI Dorong Komoditas Kopi Tanah Air Mendunia Kredit Foto: Antara/Candra Yanuarsyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah maraknya tren bisnis kopi masa kini, Bank Indonesia (BI) melakukan sejumlah program pengembangan UMKM kopi di seluruh Kantor Perwakilan BI dengan cakupan pembinaan dari hulu ke hilir guna mendorong optimalisasi kuantitas maupun kualitas komoditas kopi di dalam negeri.

"Atas inisiatif tersebut, saat ini terdapat 14 dari 62 UMKM penghasil kopi binaan BI yang telah menembus pasar ekspor baik langsung maupun tidak langsung," demikian disampaikan Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono dalam dialog kopi joint event Bank Indonesia (BI) dan SCAI (Speciality Coffee Association of Indonesia) “Kulak Kulik Nikmatnya Bisnis Kopi”, sebagai rangkaian dari kegiatan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III secara virtual, Sabtu (21/11/2020).

Doni menuturkan, pembinaan UMKM yang dilakukan BI dari sisi hulu dilakukan secara menyeluruh mulai dari membantu konservasi lahan, penyediaan air bersih, serta menyiapkan unit pengolahan hasil termasuk penyediaan mesin pengupas.

Baca Juga: Lewat E-Commerce, Produk Kopi Kasih Cuan Menggiurkan ke UMKM

"Dari sisi hilir, BI menyelenggarakan berbagai kegiatan festival kopi di dalam negeri, menggelar pelatihan dan kurasi untuk produk kopi yang siap masuk ke pasar mancanegara, dan inisiasi untuk membangun wisata edukasi kopi (coffee edutourism) yang saat ini sudah terbentuk di salah satu UMKM binaan BI di Jawa Barat, yaitu Kopi Kiwari," tukasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan upaya BI dalam mendukung digitalisasi UMKM, baik dari sisi pemasaran produk dan fasilitasi kemudahan UMKM dalam transaksi pembayaran dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Dalam mendorong digitalisasi UMKM, BI memfasilitasi program onboarding UMKM yang dilakukan melalui pembelajaran secara daring terkait dengan strategi UMKM agar terkoneksi dengan platform digital, teknik fotografi, logistik, dan membuat pembukuan, serta hal lainnya yang mendukung UMKM di era digital," kata Doni.

Turut hadir sebagai narasumber dialog kopi, Ketua Umum SCAI, Syafrudin, Ketua Ikatan Pegawai BI, Junanto Herdiawan, Co Founder & CEO CeriTech, Aldi Raharja, aktor sekaligus pebisnis kopi, Chicco Jerikho, dan barista professional, Yessylia Violin A.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: