Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Nofollow Links?

Apa Itu Nofollow Links? Kredit Foto: Unsplash/William Iven
Warta Ekonomi, Jakarta -

Profile link situs web Anda adalah salah satu elemen terpenting dari ekologi pengoptimalan mesin pencari (SEO). Penting untuk mengetahui agar situs Anda dapat ditautkan dan bagaimana tautannya ke dan dari situs eksternal lainnya. Salah satu aspek terpenting dari profile link situs web yang paling sering diabaikan adalah nofollow links.

Profile link Anda menjadi hal yang sangat berharga bagi bisnis online. Profile link yang solid dapat meningkatkan kualitas tampilan halaman Anda, meningkatkan peringkat pencarian situs Anda, dan pada akhirnya menumbuhkan lebih banyak otoritas domain pada situs web Anda. Nofollow links memainkan peran penting dalam membangun profile link yang kuat untuk situs web perusahaan Anda.

Google memperkenalkan opsi rel = "nofollow" pada 2005 bagi blogger yang sedang berjuang bersaing dengan orang-orang yang menggunakan spam komentar untuk mencoba membangun tautan dengan harapan mendapatkan peringkat pencarian pada penggunaan kata kunci tertentu, seperti. 

Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar Off-Page SEO

Atribut nofollow memberitahu mesin pencari untuk tidak mengikuti link keluar yang diberi tag tersebut, yang pada dasarnya tag nofollow mengatakan bahwa situs web Anda tidak mendukung link tersebut.

Pengertian dari Nofollow Links

Nofollow Links adalah link yang menggunakan tag HTML rel = "nofollow". Tag nofollow memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan sebuah link yang Anda tidak ingin sertakan. Karena penggunaan nofollow links tidak lolos PageRank, kemungkinan besar link tersebut tidak memiliki pengaruh besar dalam menentukan peringkat di mesin pencarian.

Tag nofollow pada dasarnya adalah tanda pemberitahuan kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti link terkait.

Ketika Anda menautkan ke situs web eksternal, mesin pencari menganggap hal itu sebagai sinyal penentu peringkat pencarian, dan mereka akan meneruskan sebagian kecil otoritas Anda (link juice) ke situs web lain. Beberapa pakar SEO percaya bahwa membuat link eksternal nofollow dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi. Namun, hal ini sampai sekarang masih belum terbukti.

Google mengumumkan bahwa algoritma penelusuran mereka sekarang menggunakan nofollow sebagai petunjuk untuk melakukan crawling dan pengindeksan. Untuk itu, Anda harus menambahkan atribut nofollow ke semua situs web eksternal yang tidak Anda ingini untuk memberitahu Google agar link tersebut tidak diikutertakan.

Berikut beberapa kasus saat Anda perlu menambahkan atribut nofollow:

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: