Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kantongi Pendanaan Seri A, Startup Sampingan Kembangkan Produk dan Teknologi

Kantongi Pendanaan Seri A, Startup Sampingan Kembangkan Produk dan Teknologi Kredit Foto: Sampingan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mengawali tahun 2021, Sampingan, platform yang memberdayakan pekerja kerah biru (blue-collar) mendapat pendanaan seri A sebesar US$ 5 juta atau setara dengan Rp 72 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh investor Altara Ventures, bersama Golden Gate Ventures, Antler, Access Ventures, XA Network dan iSeed SEA.

"Pendanaan ini akan kami gunakan untuk pengembangan produk baik untuk para pekerja dan juga perusahaan, serta untuk menjangkau lebih banyak konsumen sesuai dengan layanan yang kami berikan," kata CEO dan Co-Founder Sampingan Wisnu Nugrahadi dalam siaran persnya, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Sabet Pendanaan Lembaga, Titik Pintar Targetkan 250 Ribu Pengguna di 2021

Wisnu mengungkapkan, dua tahun sejak diluncurkan pada Januari 2019, aplikasi Sampingan kini telah menjadi platform tenaga kerja kerah biru terbesar bagi perusahaan sekaligus memberikan kesempatan yang sama dan cepat bagi para pencari kerja di Indonesia. Saat ini Sampingan telah memiliki lebih dari 850.000 mitra pekerja baik kontrak sementara maupun permanen yang disebut dengan Kawan Sampingan

“Sampingan menunjukkan masa depan pekerjaan di Asia Tenggara. Pada dekade 2010-an muncul tren “Gig Economy” pada layanan konsumen, yang akan terus berkembang dari sisi bisnis di tahun 2020-an saat ini," kata Gavin Teo, General Partner, Altara Ventures.

Kebutuhan akan penggunaan platform Sampingan juga meningkat selama pandemi covid-19. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, terdapat sebanyak 29,12 Juta orang yang terdampak pandemi, baik kehilangan pekerjaan maupun yang mengalami pengurangan jam kerja serta upah.

Perusahaan mencatat peningkatan jumlah mitra atau Kawan Sampingan yang bergabung serta total download aplikasi yang naik sebanyak empat kali lipat selama pandemi, mencapai lebih dari 1 juta kali di Desember 2020.

"Dengan adanya putaran pendanaan baru ini kami percaya Sampingan akan memiliki infrastruktur terbaik dan siap mendukung pemulihan pasca pandemi,” kata Wisnu.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: