Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bangkrut 16 Kali hingga Punya Utang Rp11 Miliar, Begini Cara Berto Saksono Kuat Mental Berbisnis

Bangkrut 16 Kali hingga Punya Utang Rp11 Miliar, Begini Cara Berto Saksono Kuat Mental Berbisnis Kredit Foto: YouTube/Christina Lie
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berto Saksono Jati adalah Founder SB1M (Sekolah Bisnis 1 Milyar) yang merupakan komunitas berjumlah ribuan orang. Sejak dulu, Berto sudah berbisnis mulai dari berbisnis martabak saat SMA, membuka baju distro BLOOP dan ENDORSE.

Berto belajar bisnis dari kakaknya, Martin Sunu sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan berjualan stiker. Cara berjualannya pun gelar stiker di meja kelas dengan pasang tulisan Rp2.000 padahal modalnya dulu hanya 200 perak. Mulai dari situ, Berto senang karena merasa mendapat uang tak sesulit itu.

Baca Juga: Raup Profit Ratusan Juta Rupiah, Ini Rahasia Sukses Arief Budiman Nasuko Hanya Lewat Bisnis Dropship

Akhirnya, Berto pun ketagihan dan mulai jualan martabak saat SMA. Dari situ, Berto sadar bahwa bisnis tidaklah mudah karena dia ditipu, dan preman setempat sering makan martabak tanpa membayar sehingga bisnis martabaknya pun harus ditutup. Ditambah lagi, partner Berto berjualan sering berbohong dan minta uang, bahkan gerobak martabaknya pun sengaja dirusak.

Berto berjualan martabak selama satu tahun, ia pun merasa sedih saat harus membawa pulang gerobak rusak ke rumah. Sesampainya di rumah, satu per satu keluarganya membantu Berto membersihkan gerobak tersebut tanpa berbicara sepatah kata apapun. Berto merasa terharu, ia pun sadar betapa sayang keluarganya dengannya.

Tak lama, Berto menangis, mentalnya pun semakin kuat setelahnya dan ia bangkit membuka toko distro BLOOP di Tebet pada tahun 2003. Bisnis Berto pun berhasil cukup baik sehingga pada tahun 2005, Berto membuka bisnis lain yang bernama Endorse, disusul dengan DeJons Burger.

Demi mendongkrak penjualan, Berto sampai mengantar jaket kepada Nirina Zubir yang saat itu masih menjadi VJ MTV. Bahkan, Berto mengaku sebagai saudara Nirina demi jaket tersebut dipakai di acara TV.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: