Keputusan LG Electronics untuk minggat dari bisnis seluler yang merugi tampaknya akan menciptakan lebih banyak peluang bagi Samsung, menurut analis.
Melansir Reuters, Selasa (6/4/2021), pangsa pasar LG Amerika Serikat (AS) saat ini mencapai sekitar 60%, berdasarkan data riset Gartner dan Counterpoint. LG lebih kuat di pasar di mana ia bermitra dengan perusahaan telekomunikasi.
"Apple cenderung melayani pasar AS yang lebih tinggi, jadi mungkin mereka akan mengambil sebagian kecil penjualan LG. Kemungkinan besar, Samsung akan mendapat keuntungan karena bersaing di pasar yang sama dengan LG," jelas Analis Gartner, Tuong Nguyen.
Baca Juga: Sudah Mantap, Negara Ini Uji Coba Uang Digital dari Bank Sentral
Baca Juga: Mbah Google Minta Masyarakat Pakai Masker dan Lakukan ....
Secara global, pangsa pasar LG menyusut menjadi 2% pada 2020; penurunan besar dari statusnya sebagai produsen ponsel pintar terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Apple.
Berdasarkan data Counterpoint, "LG mengirimkan 23 juta ponsel, sedangkan Samsung mengirim 256 juta."
Analis Counterpoint, Tarun Pathak berpendapat, mayoritas produk LG bersaing di kelas menengah karena ponsel unggulannya mendapat respons yang baik.
"Jadi, sebagian besar merek China da produsen ponsel kelas menengah akan mendapat manfaat dari mundurnya LG," jelas Pathak.
Menurutnya, Samsung, Motorola, HMD, dan ZTE akan untung di pasar China. Tak hanya itu, Xiaomi dan Motorola juga akan untung di Amerika Latin; sedangkan Samsung untuk di Korea.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna
Tag Terkait: