Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Ramadan, Begini Tren Belanja Online Masyarakat

Jelang Ramadan, Begini Tren Belanja Online Masyarakat Blibli | Kredit Foto: Website Blibli
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bagaimanakah tren belanja daring saat momen ramadan di Indonesia? Apakah berbeda dengan transaksi pada hari biasa?

Berbagai riset menunjukkan, tingkat keyakinan masyarakat akan pemulihan ekonomi semakin meningkat memasuki tahun 2021. Harapannya, optimisme itu akan ikut berpengaruh terhadap antusiasme masyarakat merayakan bulan ramadan dan idulfitri. 

“Tingkat konsumsi pelanggan untuk bermacam-macam produk, mulai dari sembako hingga pakaian, meningkat signifikan selama Ramadan. Sebab itu, Blibli meluncurkan layanan pengiriman 2 jam agar pelanggan bisa dengan cepat menerima belanjaan mereka," ujar Vice President Business Development Blibli, Cindy Kalensang.

Baca Juga: Beli Asuransi Mulai dari Rp15 Ribu? Pakai Situs E-Commerce Ini

Baca Juga: Dalam 3 Bulan, Dana Rp65 Triliun Sudah Mengalir untuk Bitcoin dkk

Permintaan pelanggan Blibli konsisten meningkat saat ramadan. Rata-rata volume pesanan harian di Blibli meningkat 2 kali lipat selama ramadan 2020 jika dibanding hari biasa. Pelanggan paling banyak membeli produk Makanan & Minuman, Handphone, Suplemen Kesehatan, dan Fesyen Muslim.

Pelanggan yang berbelanja daring pun berasal dari berbagai kota, di mana Blibli melihat lonjakan pesanan yang sangat signifikan dari pelanggan di Bandung, Bantul, Kudus, Palembang, dan Denpasar selama ramadan 2020 daripada ramadan 2019.

Riset iPrice Soal Pentingnya Ramadan

iPrice secara konsisten melakukan riset perubahan perilaku berbelanja muslim di Indonesia pada saat ramadan. Trafik berbelanja daring meningkat hingga 345% pada jam 5 pagi daripada bulan biasanya di Indonesia, karena adanya perubahan waktu jam makan--sahur. 

Pergantian pola hidup dan cara berinteraksi sosial berdampak pada daya dan habit berbelanja. “Tahun 2018, kategori seperti tiket pesawat, tiket kereta dan voucher hotel masih menjadi keyword paling populer di bulan ramadan.

"Namun berkaca dari 2020 kemarin, riset iPrice menemukan kategori fesyen, elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kue lebaran menjadi kategori paling banyak konsumen beli pada saat berbelanja kebutuhan ramadan dan hari raya,” kata Senior Content Marketing iPrice Group, Dea Vivin Devita.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: