Apple Inc akan mulai memberlakukan aturan pemberitahuan privasi baru yang akan mengganggu bisnis iklan digital Facebook Inc.
Melalui notifikasi resmi, dikutip Rabu (7/4/2021) dariĀ Reuters, Apple mewajibkan aplikasi memberi notifikasi jika ingin melacak aktivitas pengguna.
"Aplikasi wajib memberi tahu pengguna soal pelacakan, (itu berlaku, red) ketika sistem operasi iOS 14.5 tersedia dalam beberapa pekan mendatang," ujar perusahaan.
Baca Juga: Dalam 3 Bulan, Dana Rp65 Triliun Sudah Mengalir untuk Bitcoin dkk
Baca Juga: Token Tumbuh 2.000%, Raksasa Pertukaran Kripto Negara Ini Rilis Pasar NFT
Lewat pemberitahuan itu, pengembang aplikasi perlu meminta izin sebelum meninjau aktivitas pengguna di seluruh aplikasi. Pakar industri periklanan digital mengatakan, ada potensi pengguna akan menolak izin ketika mendapat peringatan itu.
Apple berkata, "Kami menyediakan alat periklanan alternatif bagi pengembang, sebelum perubahan."
Pertama, pemasangan iklan aplikasi lewat kampanye iklan tanpa membocorkan informasi pengguna. Kedua, manajemen klik pribadi. Solusi itu menargetkan pengembang perangkat lunak.
Apple mengumumkan langkah itu pada Juni lalu, tetapi menunda perubahan guna memberi waktu kepada pengiklan digital untuk menyesuaikan diri. Hasilnya, beberapa pengembang setuju menampilkan pemberitahuan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna