Pentingnya digital public relation (PR) semakin disadari oleh organisasi dan perusahaan. Pola komunikasi konvensional seperti peliputan memang masih cukup efektif, sebagai sarana komunikasi, namun Humas atau PR juga dituntut dapat menguasai sarana publikasi lainnya, seperti media sosial seperti Facebook, Instragram dan Youtube, karena dapat menjangkau jutaan audience dengan lebih cepat dan memiliki pengaruh yang luar biasa.
Untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN dan BUMD yang sukses memanfaatkan teknologi digital dalam kegiatan kehumasan atau PR untuk meningkatkan citra positif perusahaan, suarapemerintah.id, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia menggelar penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2021, Special Achievement for BUMN & BUMD. Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Direksi PT Timah
Penyerahan penghargaan Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2021, Special Achievement for BUMN & BUMD dilangsungkan secara virtual pada Kamis, (8/4/2021), Hadir memberikan keynote speech dan sekaligus mewakili Kementerian Komunikasi dan Informatika, yaitu Widodo Muktiyo, Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi & Media Massa Kementerian Komunikasi & Informatika Republik Indonesia.
Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2021 didedikasikan khusus untuk perusahaan BUMN dan BUMD yang berhasil memanfaatkan Digital Public Relations mereka dalam berkomunikasi untuk menciptakan persepsi positif dan membangun reputasi terhadap perusahaan di mata publik. Perusahaan-perusahaan BUMN dan BUMD ini juga telah mengolah cara dan fungsi komunikasi mereka di media digital atau internet. Oleh karena itu, Digital Public Relations menjadi begitu penting untuk membangun citra positif perusahaan BUMN dan BUMD. Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Yakin Pakai Kompor Listrik dan Mobil Listrik Lebih Irit
Pemimpin Umum SuaraPemerintah.ID Arief Munajad, mengatakan bahwa membangun reputasi di era digital saat ini merupakan tantangan yang harus dihadapi semua organisasi dan perusahaan. Khususnya bagi perusahaan BUMN dan BUMD, pemanfaatan media digital menjadi sangat penting karena berbagai informasi saat ini bisa didapatkan dengan mudah dan cepat melalui sarana tersebut. Ditambah lagi pengguna media online semakin meningkat tajam.
“Dalam kondisi seperti sekarang, perusahaan harus go digital atau tertinggal. Melalui digital public relations, perusahaan dapat melakukan komunikasi untuk meningkatkan reputasi perusahaan,” ujar Arief.
Arief menambahkan, pihaknya hadir sebagai media yang aktif di ranah digital untuk mempublikasikan berbagai kinerja positif pemerintah, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah). Tujuannya adalah agar terbangun reputasi atau citra yang baik dari publik terhadap pemerintah, BUMN, dan BUMD.
Untuk itu pihaknya bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia menggelar Indonesia TOP Digital PR Award 2021 untuk mengapresiasi kegiatan PR Digital di BUMN dan BUMD di seluruh Indonesia.
“Apresiasi ini sebagai bentuk dukungan kami agar PR BUMN dan BUMD semakin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan,” tambah Arief.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan yang mendedikasikan pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, sekaligus penggagas Top Digital PR Award, mengatakan bahwa reputasi BUMN dan BUMD perlu dibangun untuk menciptakan kepercayaan dari berbagai pihak. Dengan adanya kepercayaan, maka program-program pengembangan BUMN dan BUMD akan berjalan dengan baik. Di sinilah fungsi peran penting bagian humas atau PR (Public Relations) sebagai penghubung informasi antara internal perusahaan dengan semua pihak.
“Melihat pentingnya peran PR di BUMN dan BUMD, maka kami perlu memberikan apresiasi untuk memacu kinerja PR dalam upaya membangun reputasi positif BUMN dan BUMD di era digital saat ini,” kata Tri.
Tri menjelaskan bahwa para peraih Indonesia TOP Digital PR Award 2021, special achievement for BUMN & BUMD merupakan perusahaan BUMN dan BUMD yang telah berhasil berdasarkan survei TOP DIGITAL PR INDEX. Survei dilakukan mulai dari bulan Desember 2020 hingga Februari 2021 dengan menggunakan metode Desk Survey terhadap lebih dari 100 perusahaan BUMN dan 800 perusahaan BUMD.
Indonesia TOP Digital PR Award 2021 menggunakan tiga parameter penilaian digital, yaitu: Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect dan Digital Awareness Aspect. Adapun para Peraih Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2021, Special Achievement for BUMN & BUMD ada 98 perusahaan pemenang diantaranya : PT Pegadaian (Persero), PERUM BULOG, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., PT Jasa Raharja, PT PP (Persero) Tbk., PT BANK DKI, PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan, PT Prayoga Pertambangan dan Energi, PT PINDAD (Persero) dan perusahaan BUMN & BUMD lainnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil