Lippo Group Jual Saham Matahari di Bawah Harga Pasar ke Perusahaan Singapura

Lippo Group Jual Saham Matahari di Bawah Harga Pasar ke Perusahaan Singapura Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Perusahaan milik group Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL) memutuskan untuk menjual sebanyak 537.796.300 lembar saham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) di harga Rp404 per saham kepada perusahaan asal Singapura, Watiga Trust Ltd. Dengan transaksi tersebut Multipolar pun mengantongi dana sebesar Rp217,26 miliar. 

Dalam laporan perubahan kepemilikan saham MPPA yang di sampaikan kepada BEI, disebutkan bahwa MLPL menyatakan telah melakukan divestasi sahamnya pada tanggal 6 April 2021. Multipolar sendiri merupakan pemegang saham pengendali emiten yang bergerak di sektor ritel tersebut.  

Berdasarkan data RTI, pada 6 April 2021 harga sahma MPPA ditutup di harga Rp430 per saham. Ini artinya, MLPL memutuskan untuk menjual saham Matahari jauh di bawah harga pasar pada saat itu. 

Baca Juga: Untung Berubah Jadi Buntung, Matahari Tekor Gede-Gedean: Sangat Gak Mungkin....

"Tujuan transaksi tersebut adalah Investasi saham pada PT. Matahari Putra Prima Tbk, dan status kepemilikan saham langsung. Adapun yang menjadi pembeli untuk penjaulan saham itu adalah Watiga Trust Ltd yang merupakan perusahaan asal Singapura, sehingga Watiga Trust saat ini menguasai 7,14 persen", kata Sekretaris Perusahaan PT Matahari Putra Prima Tbk, Danny Kojongian, Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Dengan transaksi tersebut, sata ini Watiga Trust pun menguasai 7,14% dari total saham Matahari Putra Prima. Sedangkan Multipolar yang sebelumnya memiliki 50,23% saham tergerus menjadi hanya 38,33%.

"Tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha Emiten atau Perusahaan Publik," tutupnya. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini