Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng Ayoconnect, Bank Mandiri Genjot Bisnis Kartu Kredit Lewat Fitur Pembayaran Tagihan Otomatis

Gandeng Ayoconnect, Bank Mandiri Genjot Bisnis Kartu Kredit Lewat Fitur Pembayaran Tagihan Otomatis Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi Covid-19 telah menekan laju pertumbuhan berbagai lini bisnis di Indonesia, tak terkecuali bisnis kartu kredit. Data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menunjukkan penjualan kartu kredit mengalami kontraksi sebesar 30% dengan penurunan jumlah transaksi yang mencapai 28,73% secara year-on-year (YoY) dari posisi Januari 2020 sebesar 29,98 juta kali transaksi1.

Penurunan transaksi kartu kredit ditengarai disebabkan oleh penutupan berbagai gerai ritel di berbagai kota serta kecenderungan masyarakat untuk mengurangi pengeluaran di tengah pandemi.

Melihat kondisi tersebut, penerbit kartu kredit mulai menyusun strategi agar pertumbuhan bisnis kartu kredit dapat terjaga. Bank Mandiri misalnya, memfasilitasi pengguna kartu kredit Mandiri untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi tagihan secara otomatis lewat ?tur Mandiri Power Bill. Fitur yang diberdayakan oleh solusi Autobilling API Ayoconnect ini memberikan berbagai keuntungan baik bagi pengguna kartu kredit Mandiri maupun Bank Mandiri.

"Kerjasama kami dengan Ayoconnect berhasil memperluas cakupan layanan Mandiri Power Bill. Kini, layanan Mandiri Power Bill juga menjangkau pembayaran PDAM ke lebih dari 60 kota dan 100 kabupaten di Indonesia. Jumlah merchant pun bertambah dari yang sebelumnya 20 menjadi lebih dari 200," jelas Noorman Andrianto selaku Vice President Bank Mandiri di Jakarta, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat yang Diberikan Cicilan Tanpa Kartu Kredit saat Belanja Online

Lebih lanjut, Noorman menambahkan kerjasama ini tentunya memudahkan pengguna kartu kredit Mandiri lantaran tidak perlu lagi mengantre atau mengingat berbagai tanggal jatuh tempo untuk melunasi tagihan bulanan.

Implementasi ?tur pembayaran tagihan otomatis ini menurut Bank Mandiri telah berhasil mendorong tingkat kepuasan nasabah sekaligus menjadi salah satu upaya strategis Perseroan untuk meningkatkan loyalitas nasabah kartu kredit Mandiri. Pasalnya, integrasi Autobilling API Ayoconnect ke ?tur Mandiri telah menghasilkan pertumbuhan volume penjualan sebesar 19% dan pertumbuhan transaksi mencapai 23% pada akhir 2020 dibandingkan tahun sebelumnya.

Adapun, solusi Autobilling merupakan inovasi berbasis teknologi API yang dibangun oleh perusahaan tek?n Ayoconnect. Solusi ini dirancang khusus untuk membantu institusi ?nansial mengelola serta menumbuhkan pendapatan dari transaksi pembayaran tagihan berulang yang komprehensif bagi penerbit kartu kredit, sekaligus aman dan memudahkan bagi pelanggan.

Baca Juga: Bank Mandiri Fasilitasi Kredit Chandra Asri Rp5 Triliun

"Ayoconnect bangga atas kesempatan bekerja sama dengan Bank Mandiri. Fitur Power Bill Bank Mandiri yang diberdayakan oleh Autobilling API dari Ayoconnect merupakan bentuk komitmen kami dalam membantu institusi ?nansial menumbuhkan bisnis mereka dengan solusi berbasis API di tengah masa penuh tantangan," tutup Chiragh Kirpalani selaku Founder dan COO Ayoconnect.

Saat ini, Ayoconnect sedang menjajaki diskusi untuk membuka akses Autobilling API ke lebih banyak perusahaan bank, dompet digital, dan tek?n lainnya dalam waktu dekat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: