Di masa pandemi Covid-19 ini, kebutuhan masyarakat makin meningkat. Dengan terbatasnya mobilitas dan tingginya kebutuhan, belanja secara online atau daring pun menjadi pilihan masyarakat. Intensitas penggunaan internet yang berjalan dengan tingkat konsumsi tinggi membuat milenial yang makin lekat dengan inovasi dan sekarang banyak sekali produk yang memberikan layanan dengan sasaran konsumennya.
Oleh sebab itu, demi mendorong pemberdayaan dan terpenuhinya kebutuhan hidup kelompok wanita milenial serta mendukung program pemulihan ekonomi nasional dan program vaksinasi yang tengah berlangsung, HerStory.co.id dan juga Warta Ekonomi ingin memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para produk dan layanan dari merek serta perusahaan terbaik di Indonesia yang telah berupaya sebaik mungkin dalam membentuk kelompok milenial khususnya perempuan menjadi bagian penting dalam kemajuan bangsa Indonesia dan terus berkembang terlebih di masa-masa sulit seperti ini.
Baca Juga: Riset Trend Festival Belanja Online, The TradeDesk dan YouGov Temukan Data Unik
"Sejatinya peran perempuan itu tidak hanya fokus pada pengembangan dirinya sendiri maupun keluarga, tapi mereka juga berperan terhadap pembangunan masyarakat bahkan negara. Dengan begitu, perempuan semestinya diberikan ruang serta peluang sebesar-besarnya untuk terlibat dan berperan secara langsung dalam pembangunan masyarakat ekonomi bahkan negara. Terlebih lagi, perempuan milenial memiliki potensi yang sangat besar di era digital ini," kata Clara Aprilia Sukandar, Pemimpin Redaksi HerStory dalam pembukaan acara penghargaan HerStory Indonesia Millenial Women Brand Choice Awards 2021 "Beyond Inspiring and Connecting" yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (19/8/2021).
"E-awarding kali ini HerStory mengusung tema Beyond Inspiring and Connecting karena HerStory percaya bahwa perempuan milenial ini dapat terus berperan dalam pembangunan negara. Untuk itu, HerStory berharap perempuan milenial terus bersemangat, terus bertransformasi, serta meningkatkan kapasitas dirinya," papar Clara.
Data tentang populasi perempuan di dunia pada tahun 2020 menunjukkan, populasi perempuan di dunia ini berada di angka 49,6%. Jika dilihat dari data jumlah penduduk berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin ternyata pada tahun 2020 populasi perempuan milenial ini yang berada di angka 25 hingga 40 tahun memang bisa dikatakan paling banyak dibandingkan dengan populasi perempuan di kelompok umur yang lainnya.
E-awarding kali ini tim riset HerStory dan Warta Ekonomi menggunakan metodologi penelitian survei secara daring dengan 1.500 responden yang merupakan pembaca setia HerStory yang berdomisili di Jabodetabek. Survei ini juga dilakukan selama bulan Juli 2021. Ada pula yang menjadi indikator penilaian, yakni reputasi publikasi serta advertising.
Hadir sebagai Keynote Speaker, Angela Tanoesoedibjo selaku Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan dan juga memberikan semangat untuk para perusahaan untuk terus berinovasi di masa pandemi Covid-19.
"Selamat atas terselenggaranya HerStory Indonesia Milenial Women Brand Choice 2021, Beyond Inspiring and Connecting. Semoga pemberian apresiasi ini dapat menambah semangat kepada brand-brand Indonesia untuk terus berinovasi dan melihat berbagai peluang di era digital ini sehingga dapat terus memberikan layanan dan produk terbaiknya kepada generasi milenial khususnya perempuan," ujar Angela.
Angela juga memaparkan bahwa hampir setengah penduduk Indonesia adalah perempuan dan dari 133,54 juta perempuan Indonesia, sekitar 25,87% tergolong milenial dan 49,7% adalah pengguna internet.
"Jumlah konsumen perempuan milenial yang besar dan terus berkembang ini adalah potensi yang dapat mendukung berkembangnya usaha lokal di Indonesia. Apalagi dalam kondisi pandemi, belanja online menjadi sebuah pilihan yang tak terelakkan sehingga beradaptasi dengan digitalisasi menjadi suatu keharusan bagi para pemilik usaha dan brand di Indonesia. Kemenparekraf dalam hal ini berkomitmen untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dengan program upskilling, reskilling, dan entrepreneurship di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," imbuh Angela.
"Saya yakin para pemenang awards HerStory kali ini pastinya dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi kita semua khususnya bagi brand lokal dalam mengembangkan usahanya. Semoga kolaborasi yang mendukung ekosistem usaha ekonomi kreatif Indonesia dapat terus dilanjutkan sehingga brand-brand Indonesia yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif ini bisa menjadi pemenang di pasar lokal maupun internasional di era digital serta demografi ini turut jadi bagian dari penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya," tambahnya.
Daftar Peraih Penghargaan Millenial Women Brand Choice Awards 2021
No | Brand | Perusahaan | Kategori | Titel |
1 | Telkomsel | PT Telekomunikasi Selular | Cellular Telecommunication Provider | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
2 | Indosat Ooredo | PT Indosat Tbk | Cellular Telecommunication Provider | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
3 | XL Axiata | PT XL Axiata Tbk | Cellular Telecommunication Provider | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
4 | IndiHome | PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk | TV Cable | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
5 | MNC Vision | PT MNC Sky Vision Tbk | TV Cable | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
6 | Transvision | PT Indonusa Telemedia | TV Cable | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
7 | IndiHome | PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk | Internet Provider | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
8 | First Media | PT First Media Tbk | Internet Provider | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
9 | Biznet Networks | PT Supra Primatama Nusantara | Internet Provider | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
10 | Shopee | PT Shopee Internasional Indonesia | E-Commerce | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
11 | Tokopedia | PT Tokopedia | E-Commerce | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
12 | Lazada | Lazada Indonesia | E-Commerce | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
13 | J&T Express | PT Global Jet Express | Logistics & Courier Services | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
14 | JNE Express | PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir | Logistics & Courier Services | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
15 | SiCepat | PT SiCepat Ekspres Indonesia | Logistics & Courier Services | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
16 | Canon | PT Datascrip (Distributor) | Digital Camera | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
17 | Sony | PT Sony Indonesia | Digital Camera | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
18 | Panasonic | PT Panasonic Gobel Indonesia | Digital Camera | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
19 | Asus | ASUS Indonesia | Laptop/Notebook | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
20 | Acer | PT Acer Indonesia | Laptop/Notebook | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
21 | Samsung | PT Samsung Electronics Indonesia | Laptop/Notebook | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
22 | Samsung | PT Samsung Electronics Indonesia | Smartphone | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
23 | Oppo | PT Indonesia Oppo Electronics | Smartphone | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
24 | Iphone | PT Apple Indonesia | Smartphone | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
25 | KFC | PT Fastfood Indonesia Tbk | Fast Food Restaurant | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
26 | McDonald's | PT Rekso Nasional Food | Fast Food Restaurant | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
27 | Hoka Hoka Bento | PT Eka Bogainti | Fast Food Restaurant | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
28 | Chatime | PT Foods Beverages Indonesia | Popular Drink | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Outstanding Products and Services Innovation |
29 | Haus! | PT Inspirasi Bisnis Nusantara | Popular Drink | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Excellent Products and Services Reputation |
30 | Xing Fu Tang | PT Pelepas Dahaga Indonesia | Popular Drink | Best Millennial Women Brand Choice 2021 with Great Markerting Strategy |
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: