Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kini Hadir Pusat Data Center EDGE1, Konektivitas Tinggi dan Transfer Data Cepat

Kini Hadir Pusat Data Center EDGE1, Konektivitas Tinggi dan Transfer Data Cepat Kredit Foto: PT Synnex Metrodata Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Transisi perilaku masyarakat yang kini beralih ke dunia digital mendorong terbentuknya transformasi digital di Indonesia dalam skala besar. Berdasarkan data dari Google dan Temasek, diperkirakan bahwa Internet Economy di Indonesia akan mencapai  103 Juta dolar di tahun 2025.

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sekaligus memenuhi permintaan pelanggan khususnya hyperscalers seperti cloud service provider, internet company, dan lainnya, EDGE DC (PT Ekagrata Data Gemilang) sebagai anak perusahaan dari PT Indointernet Tbk (“Indonet”), secara resmi meluncurkan fasilitas data center pertamanya EDGE1, Jumat (22/10).

Baca Juga: Kini Hadir Pusat Data Center EDGE1, Konektivitas Tinggi dan Transfer Data Cepat

Melalui peluncuran EDGE1, EDGE DC mempelopori edge data center di Indonesia dengan cara menciptakan ekosistem yang terhubung sangat dekat dengan end user melalui fasilitas pusat data kelas dunianya yang memungkinkan konektivitas latensi rendah serta transfer data lebih cepat untuk mendukung bisnis digital next generation di masa mendatang.

Menurut CEO EDGE DC Indonesia, Stephanus Oscar, dalam kurun waktu satu setengah tahun pandemi berlangsung telah terjadi perubahan besar dalam dunia bisnis global maupun lokal. Dimana banyak perusahaan baik dari skala kecil hingga besar telah mempercepat adopsi digital ke dalam proses bisnis atau dengan kata lain telah terjadi transformasi digital.

“Dengan transformasi digital secara masif di industri saat ini serta  digitalisasi dan pesatnya pertumbuhan ekonomi digital,  lalu lintas data menjadi semakin tinggi dan menuntut komunikasi data melalui jaringan dan latensi rendah untuk mengolah data yang sangat besar dan cepat,” ujar Oscar melalui acara virtual.

Ia menyebutkan, saat ini dibutuhkan data center yang dekat dengan pengguna untuk mengatasi isu latensi. Untuk itu data center hadir sebagai solusi pengolahan data yang lebih efisien dan disinilah EDGE1 memainkan peranan penting.

“Melalui peluncuran ini, EDGE1 telah mempelopori data center di Indonesia dengan cara menciptakan ekosistem yang terhubung sangat dekat dengan user melalui fasilitas data center fasilitas dunia kami,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan nantinya data center ini memungkinkan konektivitas latensi rendah serta transfer data lebih cepat untuk mendukung bisnis digital next-generation di masa mendatang. Hal ini merupakan wujud komitmen nyata untuk melakukan pembangunan infrastruktur data center secara berkelanjutan untuk pasar di Indonesia dan memenuhi kebutuhan pelanggan terutama di tengah percepatan digitalisasi seperti sekarang ini.

“Kedepannya EDGE DC akan terus berkontribusi ke infrastruktur ekonomi digital indonesia, sambil membangun langkah-langkah baru agar dapat konsisten menjadi perusahaan data center dengan kualitas operasional terbaik di Asia Tenggara.”

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan