Indodana dan Bank Sampoerna Jalin Kerja Sama Strategis Tingkatkan Akses Penyaluran Kredit

Indodana dan Bank Sampoerna Jalin Kerja Sama Strategis Tingkatkan Akses Penyaluran Kredit Kredit Foto: Indodana

PT Artha Dana Teknologi (Indodana) menjalin kerja sama strategis dengan Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) dalam rangka meningkatkan akses penyaluran kredit. Diharapkan, Indodana dapat meningkatkan kolaborasi dengan Bank Sampoerna untuk bersama menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat.

Kemitraan strategis ini sekaligus membuktikan kepercayaan dan kerja sama yang makin tinggi dan menguntungkan antara Perbankan dan Fintek dalam upaya memperluas akses pembiayaan berbasis digital kepada masyarakat, UMKM, dan mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia.

Baca Juga: Dear Pemerintah, Perlindungan Nasabah Fintech Perlu Diperkuat Segera!

"Kerja sama strategis ini merupakan bentuk kepercayaan Bank Sampoerna kepada Indodana yang kian bertumbuh dan terus meningkatkan akses pembiayaan untuk mencapai masyarakat Indonesia yang lebih luas. Melalui pemanfaatan teknologi dan big data, Indodana membangun solusi yang memudahkan masyarakat untuk mengakses pinjaman dengan cepat dan aman. Khususnya, bagi masyarakat underbanked yang selama ini belum terjangkau oleh industri perbankan tradisional," kata Jerry Anson selaku Direktur Indodana, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (27/10). 

Indodana akan menggunakan fasilitas pembiayaan tersebut untuk meningkatkan akses penyaluran layanan PayLater. Melalui aplikasi Indodana, pengguna dapat memperoleh limit Paylater hingga Rp25 juta yang dapat digunakan untuk belanja secara online dan juga offline. Indodana pun telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyelenggara Fintech Lending sejak 19 Mei 2020. 

"Di tahun 2021, kami terus memperluas jangkauan merchant agar pengguna Indodana bisa merasakan kemudahan bertransaksi buy now, pay later. Dengan makin banyaknya merchants bergabung akan terus mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi sehari-hari dengan menggunakan solusi Indodana PayLater," ujar Jerry.

Sepanjang tahun 2020, Indodana telah mengembangkan bisnis Paylater dengan menggandeng e-commerce dan Payment Gateway terkemuka seperti Tokopedia, Blibli, Tiket.com, Mitra Bukalapak, Elevenia, iStyle, dan LinkAja. Selain e-commerce, Indodana juga telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 merchant dan gerai offline lain seperti Hush Puppies, Puma, Polytron, Kalbe, Atria, dan Hartono Elektronik. 

Di tahun 2021 Indodana telah meningkatkan jangkauan layanan paylater hingga ke ratusan gerai-gerai offline di Indonesia. Hingga tahun 2021, Indodana telah memproses transaksi lebih dari Rp2 triliun; telah diunduh lebih dari 5 juta kali; melayani masyarakat di lebih dari 35 kota di Indonesia.

Kini, produk Indodana PayLater bisa dipakai untuk transaksi di ribuan merchants online dan offline di seluruh Indonesia. Penggunaan Indodana paylater secara offline pun sangat mudah, semudah bayar pakai paylater di merchant online. Pengguna bisa datang ke gerai-gerai partner Indodana pilih barang dan pilih tenor cicilan yang diinginkan melalui aplikasi Indodana lalu verifikasi pembelian tersebut.

Di tempat terpisah, Chief of SME, Funding, FI & Network Bank Sampoerna, Adji Anggono, menegaskan bahwa Bank Sampoerna memiliki misi untuk memberdayakan masyarakat dengan memberikan kesempatan dan dukungan agar berhasil di sektor usaha mikro, kecil dan menengah melalui pemanfaatan teknologi digital. Karenanya, sangatlah tepat bahwa Bank Sampoerna menggandeng Indodana sebagai mitra strategis untuk sama-sama memperluas akses pembiayaan berbasis digital kepada masyarakat, dan mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia.

"Kerja sama dengan Indodana yang menyediakan layanan PayLater ini menjadi salah satu kolaborasi nyata yang inovatif untuk memberikan akses pendanaan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami berharap kerja sama ini bermanfaat bagi kemajuan UMKM di Indonesia," lanjut Adji.

Indodana senantiasa berupaya memberikan kemudahan PayLater yang aman dengan penerapan sistem yang didukung oleh manajemen risiko mutakhir berbasis Artificial Intelligence, sistem keamanan bersertifikasi ISO 27001. Indodana terus berkomitmen untuk menjaga kualitas portofolio dengan meningkatkan kualitas dan parameter sistem kredit scoring secara konsisten dan mengutamakan prinsip prudent serta menerapkan mitigasi risiko yang baik. Dengan mengimplementasikan aspek kehati-hatian tersebut, diharapkan Indodana dapat terus menjaga kualitas portofolio.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini