Deretan Brand Ternama, Raih Brand Choice Award 2021

Deretan Brand Ternama, Raih Brand Choice Award 2021 Kredit Foto:

Dunia bisnis yang terus berkembang menuntut pelaku brand untuk beradaptasi. Mengutip data perkembangan internet terbaru dari We Are Social, pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai 202,6 juta pengguna aktif, atau 73,7% dari total penduduk Indonesia. 

Terjadinya migrasi konsumen dari ranah offline ke online harus menjadi landasan dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan. Tri Raharjo CEO TRAS N CO Indonesia, mengungkapkan, menggaet konsumen di ranah digital membutuhkan sentuhan yang berbeda dibanding konsumen di ranah offline. Yang pertama tentunya bagaimana membangun brand awareness di ranah online. 

“Berikutnya hadir di platform dimana konsumen mencari dan membeli produk. Dan terakhir apa yang menjadi alasan seorang konsumen memilih sebuah produk. Tiga hal tersebut menjadi puzel yang tidak dapat dipisahkan untuk memenangkan persaingan di era digital,” ujar Tri Raharjo. 

Namun satu kata kunci dari tiga hal itu adalah brand equity, atau nilai lebih sebuah brand dibanding dengan kompetitor. Apakah sebuah brand mudah dikenali dibanding pesaing. Untuk membangunnya, dibutuhkan strategi khusus bagaimana sebuah brand menciptakan pengalaman yang berkesan bagi konsumen.

Lebih lanjut Tri menjelaskan, di era digital, ada lima tahapan penting seorang konsumen dalam memilih produk atau brand yaitu melalui; pertama Dikenal, yaitu sejauh mana orang tahu tentang brand, yang didapatkan melalui media sosial, media masa, iklan maupun mesin pencari.

Kedua, Disukai, Konsumen mencari berbagai referensi akan sebuah produk yang disukai oleh para netizen dengan melihat jumlah produk yang terjual, rating & review.

Ketiga, Bertanya, calon konsumen akan bertanya kepada penjual melalui berbagai sarana komunikasi baik melalui marketplaces, sosial media, whatsapp dana sarana chat yang lain.

“Keempat, Dipilih setelah konsumen mendapatkan informasi yang lengkap konsumen akn memilih produk berdasarkan harga, kualitas produk, merek, rating & review, dll. Dan terakhir, Memberikan Penilaian dengan memberikan rating dan review terhadap produk atau brand yang dibelinya,” urai Tri yang dikenal sebagai Pakar dan Peneliti Brand di Indonesia ini.

Karena itu, lanjut Tri, brand awareness penting bagi sebuah brand atau produk. Karena setiap konsumen akan mengawali pengalamannya dengan sebuah produk dengan mengenalnya, dengan melakukan penelusuran. Selanjutnya baru mempertimbangkan antara brand yang satu dengan yang lain, dengan membandingkan dari sisi merek, harga, fitur, benefit dan kualitas.

“Di sini, review dan rating menjadi hal yang diperhatikan oleh konsumen sebelum menentukan pilihan. Baru setelah itu konsumen melakukan pembelian. Setelah itu konsumen juga melakukan review, yang menentukan apakah akan membeli lagi atau tidak untuk sebuah produk,” imbuh Tri.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini