Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inggris Pepet ASEAN, Menlu Bilang Asia Tenggara akan Jadi Mesin Ekonomi Global

Inggris Pepet ASEAN, Menlu Bilang Asia Tenggara akan Jadi Mesin Ekonomi Global Kredit Foto: Antara/REUTERS/Kham
Warta Ekonomi, London -

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss akan terbang ke Malaysia, Thailand, dan Indonesia dalam kunjungan selama sepekan. Tujuannya, untuk memperdalam hubungan ekonomi dan keamanan di Asia Tenggara.

Kunjungan yang dimulai Minggu (7/11/2021) ini mencerminkan semakin pentingnya hubungan ekonomi dan diplomatik, seiring upaya Inggris untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara dan kawasan di luar Eropa setelah keluar dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit).

Baca Juga: KTT ASEAN Hasilkan Lima Dokumen Deklarasi, Salah Satunya Terkait Ketenagakerjaan

"Saya ingin memposisikan Inggris di tempat pertumbuhan masa depan berada dan untuk memikirkan siapa mitra utama kami pada tahun 2050 dan seterusnya," kata Truss, dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantornya, Minggu (7/11/2021).

Truss menyatakan, Asia Tenggara akan menjadi mesin ekonomi global.

“Saya ingin Inggris menjadi bagian dari itu, meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan kami mencerminkan semakin pentingnya kawasan ini," lanjutnya.

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan, Truss akan berusaha untuk membangun hubungan yang lebih erat di bidang investasi infrastruktur ke kawasan Asia Tenggara.

Truss akan bertemu dengan para pemimpin dan menteri luar negeri di Malaysia dan Thailand, dengan topik diskusi mencakup kerja sama pertahanan dan perdagangan, serta investasi digital dan teknologi dan kolaborasi keamanan yang lebih dalam.

Truss juga akan mengadakan pembicaraan tentang isu-isu kebijakan luar negeri seperti Myanmar dan Afghanistan dengan Indonesia, dan mencari hubungan yang lebih erat dalam kontraterorisme dan keamanan siber. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan